Semakin Dekat dengan Pembaca

Komunitas Mobil Off-Road Kenalkan Wisata Menarik di Tulungagung

SENDANG, Radar Tulungagung- Melalui komunitas Feroza, pariwisata yang dimiliki Tulungagung bisa dikenalkan kepada masyarakat luas. Tujuan akhir dari peningkatan wisatawan ini adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat setelah diterpa pagebluk akan semakin cepat.

Ketua Feroza Owner Tulungagung (FOTA), Totok Widodo mengatakan, untuk mengawal kemajuan pariwisata bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bagi komunitas FOTA sendiri, pada anniversary pertama dilaksanakan kemarin (15/11) mengikutsertakan sekitar 23 komunitas pencinta mobil penggaruk tanah alias off-road se-Jawa Timur (Jatim). Karena biasanya, penghobi mobil off-road yang datang ke Tulungagung juga dikenalkan dengan berbagai wisata yang ada mulai dari wisata pantai atau lainnya.

“Kita mencoba mengenalkan wisata Tulungagung kepada masyarakat luas. Selain itu, sebulan sekali dilaksanakan kopi darat (kopdar). Tak jarang juga diundang penghobi lainnya dari luar daerah” jelasnya.
Anniversary pertama yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Jurang Senggani itu sekaligus mencoba untuk mempererat tali silaturahmi bagi anggota serta komunitas lain. Karena menilik setahun yang lalu, FOTA berdiri atas dasar hobi yang sama dan sampai kini telah memiliki 40 unit Ferosa atau anggota. Maka, kekompakan tersebut yang ingin terus dipupuk sembari memikirkan perjalanan komunitas ke depan seperti apa.
“Kita rencanakan menggencarkan bakti sosial pada tahun 2023 ini setelah tahun 2022 kemarin beberapa baksos juga digulirkan. Kalau memang ada rezeki akan dilaksanakan anniversary kembali,” tutup Totok, sapaan akrab pria tersebut.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Tulungagung, Santoso menambahkan, melandainya pagebluk berimplikasi dengan tambah geliatnya dunia motor di Tulungagung. Kondisi tersebut harus dimanfaatkan guna peningkatan sektor pariwisata di Tulungagung. Pihaknya juga menyambut baik acara yang dilaksanakan oleh FOTA karena merupakan hal positif dan harus dikembangkan. “Jadi, tidak hanya FOTA yang mengadakan sebuah event yang sukses. Komunitas lainnya seperti komunitas motor trail juga sedang dalam tren yang baik,” jelasnya.

Dia menegaskan, pihak IMI Tulungagung akan mendukung penuh segala bentuk kegiatan motor yang bersifat positif. Korelasinya, sebuah event mampu menghadirkan banyak orang untuk datang ke Tulungagung. Otomatis pertumbuhan ekonomi di Tulungagung bisa berjalan dengan maksimal. “Ketika mereka (wisatawan, Red) menginap di Tulungagung, maka akan membeli makanan bahkan sampai menginap di hotel,” ungkap pria yang kerap disapa Kang San tersebut.

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tulungagung tersebut mengharapkan apa yang dijalankan oleh FOTA bisa menjadi contoh komunitas yang tergabung dalam IMI Tulungagung lainnya. Event selanjutnya pada tahun depan juga akan dinanti. (nul/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.