Semakin Dekat dengan Pembaca

Kota Blitar Bakal Lebih Keren, Begini Rencana Dishub

KOTA BLITAR – Jalur pedestrian anyar di Jalan Ir Soekarno yang bakal dibangun juga dilengkapi lampu hias. Lampu tersebut sebagai ornamen pendukung guna mempercantik pedestrian di sepanjang jalan menuju wisata Makam Bung Karno (MBK).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar Juari. Pemasangan lampu hias itu untuk menambah pesona jalur pedestrian terutama saat malam hari. “Rencana lampu hias ini masih kami matangkan lagi konsepnya. Rencana dibuat mirip seperti di Malioboro (Jogjakarta) dan Kayu Tangan (Kota Malang),” ujarnya, kemarin (19/5).

Pengadaan lampu hias tersebut, lanjut dia, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sebab, lampu hias yang dipasang di jalur pedestrian tidak seperti lampu penerangan jalan umum (PJU) pada umumnya. “Makanya perlu perencanaan matang,” katanya.

Kini, dishub masih fokus menyiapkan pengadaan ornamen tambahan untuk lampu PJU tahun ini. Sejumlah lampu PJU nanti bakal ditambah ornamen khas Kota Blitar. Ornamen itu berupa gambar Presiden Pertama RI Soekarno, tulisan, hingga motif batik khas Kota Blitar.

Dishub menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk pengadaan ornamen tersebut. Ornamen itu ditambahkan di sejumlah lampu PJU, terutama di ruas jalan protokol. “Seperti ruas Jalan Soedanco Supriyadi, Panglima Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Merdeka, hingga Mastrip dan ruas jalan lainnya,” jelasnya.

Pemberian ornamen tambahan di lampu PJU itu untuk menambah keindahan Kota Blitar saat malam hari sehingga suasana kota semakin meriah. “Sesuai keinginan Pak Wali, tambahan ornamen ini agar kota Blitar makin gebyar saat malam hari,” tandasnya. (sub/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.