Semakin Dekat dengan Pembaca

KPP Pratama Manfaatkan Fasilitas MPP Kabupaten Tulungagung

KOTA, Radar Tulungagung – Adanya mal pelayanan publik (MPP) akhir tahun 2022 menambah efisiensi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tulungagung. Beberapa pelayanan pajak bisa langsung dilakukan di lokasi tersebut dengan praktis dan mudah. Maka, masyarakat bisa tertib terhadap pajak.

Namun sebelumnya, pihak KPP Pratama Tulungagung melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung pada November 2022. Audiensi dilakukan untuk menindaklanjuti atas memorandum of understanding (MoU) terkait beberapa pelayanan pajak yang bisa dilakukan di MPP. Dari situ, KPP Pratama Tulungagug turut berkontribusi dibukanya MPP.

“Ada beberapa pelayanan KPP Pratama Tulungagung di MPP. Itu berupa asistensi pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), asistensi pemutakhiran data mandiri nomor induk kependudukan (NIK), dan pembuatan kode billing,” ujar Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama Kepala KPP Pratama Tulungagung Efendi Pinem mengajak wajib pajak orang pribadi di Kabupaten Tulungagung untuk segera melakukan pemutakhiran NIK. Apalagi, pelayanan itu sudah disediakan di MPP yang lokasinya berada di Jalan RA Katini Nomor 7 Kelurahan Kampungdalem.

Selain memberikan imbauan pemutakhiran NIK, Maryoto Birowo juga mengingatkan dan mengajak masyarakat wajib pajak untuk segera melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT). Lantaran penting untuk dilaporkan untuk mengetahui pajak yang dikenakan. “Menggunakan e-filing pelaporan menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat. Lapor SPT Tahunan lebih awal, lebih nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Tulungagung, Efendi Pinem menambahkan bahwa pemutakhiran NIK menjadi langkah utama dalam implementasi NIK menjadi NPWP. Kebijakan ini menjadi awal dilakukannya mahadata. “Mulai 1 Januari 2024, administrasi perpajakan dan seluruh layanan yang membutuhkan NPWP sudah menggunakan NPWP dengan format baru, yakni NPWP 16 digit,” pungkasnya.(jar/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.