Semakin Dekat dengan Pembaca

Kuota Haji Tulungagung Tahun 2023 Penuh, Tak ada Batasan Usia

Tulungagung – Kuota pemberangkatan haji di tahun 2023 kembali ke 100 persen atau sekitar 221 ribu kuota haji untuk seluruh Indonesia. Tidak hanya itu untuk pemberangkatan haji di tahun ini tanpa batasan usia. Diketahui aturan pembatasan usia di tahun lalu membuat banyak calon jemaah asal Tulungagung membatalkan kursi keberangkatan haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tulungagung, Muhajir mengatakan, adapun rincian dari kuota haji tersebut yakni 203.400 ribu kuota reguler dan 17.600 kuota haji khusus. “Alhamdulillah kabar baik ini tak lepas dari upaya kementerian pusat. Kuota haji bisa kembali 100 persen dan tidak adanya pembatasan usia, tidak seperti tahun lalu,” jelasnya kemarin (9/1).

Pada pelaksanaan haji di tahun 2022 lalu, terdapat aturan pembatasan usia maksimal 65 tahun dan pemberangkatan jemaah haji hanya 45 persen atau sekitar 700 jemaah. Dengan berlakunya aturan tersebut, banyak jemaah haji di Tulungagung membatalkan kursi keberangkatan haji.

Menurut dia, pihaknya sempat mengimbau kepada calon jemaah untuk tidak terburu-buru membatalkan nomor kursi pemberangkatan. “Supaya tidak membatalkan nomor kursi hajinya. Karena di tahun 2023 ini pelaksanaan haji sudah tidak ada aturan pembatasan usia lagi,” paparnya.

Kemudian untuk jumlah kuota normal haji di Tulungagung biasanya berkisar di angka 1.100 jemaah. Namun hingga kini pihaknya masih belum mengetahui jatah kuota haji Tulungagung di tahun 2023. “Tapi yang jelas, jemaah-jemaah yang tertunda keberangkatan karena faktor usia pada pelaksanaan haji di tahun 2022 kemarin akan menjadi prioritas di pelaksanaan haji 2023 ini,” ungkapnya.

Disinggung perihal biaya haji yang akan dikenakan pada pemberangkatan haji di tahun 2023, dia mengaku, belum terdapat informasi mengenai biaya haji yang akan diterapkan kepada calon jemaah haji. Diketahui ketentuan biaya haji tersebut berbeda tergantung embarkasi atau bandar udara keberangkatan jemaah haji. “Hingga kini masih belum ada informasi biaya haji yang akan diterpkan kepada jemaah. Nanti Menteri Agama akan menyampaikan biaya haji yang telah ditentukan Pemerintahan Arab Saudi ke komisi 8 DPR RI, baru kemudian diputuskan melalui Keputusan Presiden (Keppres) mengenai jumlah biaya haji per embarkasi se Indonesia,” tutupnya. (mg2/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.