Semakin Dekat dengan Pembaca

Kuota Minim, Calon Siswa Baru Kota Blitar Rebutan Jalur Golden Ticket

KOTA BLITAR – Tahapan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 dimulai. Salah satu jalur pendaftaran yang sudah dibuka yakni golden ticket untuk masuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Sayangnya, kuota jalur tersebut terbatas. Hanya 10 persen dari pagu masing-masing sekolah. Jalur golden ticket menggunakan sistem seleksi yang dilakukan oleh SMP masing-masing. Entah itu seleksi akademik maupun nonakademik sesuai kebijakan sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD dan SMP Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar Jais Alwi Mashuri mengungkapkan, jalur tersebut memang dibuka lebih dulu dibandingkan dengan jalur pendaftaran lainnya. Pendaftaran kursi golden ticket jenjang SMP itu dimulai kemarin (9/1) hingga Sabtu (14/1). “Pendaftaranya dibuka selama enam hari. Setelah itu dilaksanakan seleksi melalui lomba pada 17 Januari,” terangnya kepada Koran ini, kemarin (9/1).

Sekolah, lanjut dia, bebas mengadakan lomba. Baik itu lomba akademik maupun nonakademik. Lomba akademik misalnya, sekolah bisa membuat sejumlah soal untuk dikerjakan oleh calon siswa baru.

Kuota penerimaan jalur golden ticket tahun ini sama seperti tahun lalu. Yakni, sekitar 10 persen dari pagu. Untuk itu, sekolah diminta melakukan persiapan lebih awal dengan menyeleksi bakat akademik maupun nonakademik. Apabila mumpuni, maka siswa akan diterima. “Baik untuk warga kota ataupun luar kota,” jelasnya.

Meski jalur golden ticket digelar lebih dini, lanjut dia, pendaftaran di masing-masing lembaga sekolah tetap menunggu jadwal PPDB. Menurutnya, seluruh rangkaian PPDB akan diselenggarakan pada Maret mendatang. “Persyaratannya nyaris tidak ada yang berubah. Itu tergantung sekolah. Bakat calon peserta didik salah satunya menguasai akademik, olahraga, atau kesenian,” bebernya.

Adapun hingga kemarin, kata dia, sejumlah SMP sudah melangsungkan seleksi jalur golden ticket secara daring maupun luring. Hasilnya akan diumumkan saat tahapan seleksi tuntas.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMPN 1 Blitar Juli Setyanto membenarkan bahwa pendaftaran jalur golden ticket sudah dibuka dan berlangsung sampai Sabtu (14/1) mendatang. Proses ujian akan digelar pada Selasa (17/1) pekan depan. Hanya 10 persen kuota untuk penerimaan jalur ini.

Adapun pagu siswa baru di SMPN 1 Blitar sebanyak 288 siswa. Artinya, hanya 29 calon siswa baru yang nantinya berhak mendapat golden ticket. Praktis, kuota terbatas itu bakal menjadi rebutan. “Semua SMP negeri di Kota Blitar melaksanakan secara serentak. Ini kesepakatan kami sebelum golden ticket dimulai,” ungkapnya.

Pria berkacamata ini menyebut, sekolah bakal melaksanakan lomba akademik untuk menyeleksi siswa jalur golden ticket. Mereka akan diberikan 100 butir soal dari berbagai mata pelajaran (mapel). “Mapel itu di antaranya bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Soal dibuat oleh sekolah,” tandasnya. (luk/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.