Semakin Dekat dengan Pembaca

Lampu Hias Bumi Bung Karno Sedot Anggaran Sekitar Rp 1,8 M

KOTA BLITAR – Ada pemandangan baru di ruas jalan protokol Kota Blitar. Ya, adanya lampu hias gantung yang melintang di jalanan.

Lampu hias bergambar wajah Bung Karno itu ditemukan tersebar di sejumlah titik. Mulai dari Jalan Soedanco Supriyadi, Jalan Ahmad Yani, hingga Jalan Merdeka. Keberadaan lampu tersebut menjadi ikon baru di Kota Blitar dan tentunya mempercantik wajah kota saat malam hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar Jajuk Indihartati mengungkapkan, lampu hias yang melintang di jalan tersebut belum lama dipasang. Lampu itu merupakan hasil pengadaan di perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2022 lalu. “Anggaran yang disediakan saat itu sekitar Rp 1,8 miliar,” terangnya kepada Koran ini, kemarin (3/1).

Lampu hias tersebut dipasang mulai depan Monumen PETA hingga Alun-Alun Kota Blitar. DLH sengaja memasang lampu di sepanjang jalan tersebut karena merupakan akses masuk pusat Kota Blitar. Di samping itu, juga akses menuju kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK).

Jajuk mengaku belum semua ruas jalan protokol di Kota Blitar dipasangi lampu hias tersebut. Sebab, anggaran untuk pengadaan lampu hias terbatas. “Inginnya juga semua ruas jalan diberi lampu tersebut. Tapi, kami juga lihat-lihat anggarannya. Jika pimpinan sanggup, ya kami siap,” ungkap perempuan berjilbab ini.

Dia memastikan kontruksi lampu hias tersebut aman mengingat posisinya melintang di jalan. DLH sudah meminta rekanan untuk memperkuat kontruksi tiangnya. Jangan sampai tali lampu hias kendur hingga menganggu pengguna jalan.

Salah satu pengguna jalan, Aditya Wisnu mengungkapkan, keberadaan lampu hias di sepanjang jalan protokol Kota Blitar sangat menarik. Lampu hias itu menambah kecantikan kota terutama saat malam hari. ”Lampunya bagus. Tetapi, dari segi desain monoton. Dari monumen PETA sampai alun-alun, desainnya sama,” terangnya.

Dia berharap keberadaan lampu hias yang melintang di ruas jalan itu terus dimonitor. Artinya, dinas terkait harus rajin melakukan pemeliharaan terhadap lampu hias tersebut. “Takutnya lampunya roboh mengenai pengguna jalan. Apalagi, di tengah musim angin kencang seperti ini,” tandasnya. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.