Semakin Dekat dengan Pembaca

Lepas Porprov, Fokus Pra-PON

KOTA BLITAR – Keikutsertaan cabor barongsai di Porprov VIII Jatim tahun ini masih tanda tanya. Tak urung, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Blitar kini mengalihkan fokus perhatian. Lolos dari kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi targetnya kini.

Berbeda dari cabor lain, cabor FOBI belum menerima informasi soal keikutsertaan di porprov. Bahkan, sebagian besar cabor sudah mulai menggelar seleksi atlet di bulan ini. “Tapi, sepertinya memang tidak ada barongsai di porprov tahun ini. Karena sampai saat ini belum dapat info. Padahal, cabor lain sudah,” ujar Ketua FOBI Kota Blitar, Daniel.

Induk cabor justru menerima informasi terkait pelaksanaan seleksi daerah (selekda) Jatim jelang kualifikasi alias Pra-PON. Itu membuat FOBI memilih untuk menanggalkan porprov dari kalender kejuaraan di tahun ini. “Kalau porprov memang tidak perlu kualifikasi. Langsung masuk. Tapi, kalau PON lebih bergengsi,” akunya.

Di gelaran kualifikasi PON nanti, FOBI Kota Blitar menyiapkan sebanyak 20 atlet. Itu terbagi dari dua nomor berbeda. Yakni, nomor naga atau liong dan nomor barongsai tradisional. Kualifikasi PON rencananya digelar di pertengahan tahun ini. “Jika atlet kita lolos kualifikasi, FOBI Jatim bakal memberangkatkan tim ke Jakarta untuk puslatda,” kata Daniel.

FOBI Kota Blitar memang belum mematok target di event utama PON. Sebab, yang jadi fokus saat ini adalah lolos dari fase kualifikasi Jatim. Untuk itu, jajaran pengurus sengaja mengikutsertakan anak asuhnya di banyak kejuaraan terbuka di berbagai daerah di Jatim. Tujuannya tentu untuk mengasah mental, teknik, dan skill para atlet. Lebih dari itu, agenda ini dimaksudkan agar FOBI bisa “mengintip” kekuatan calon lawan di kualifikaai nanti.

“Hari ini (kemarin, Red) kami menuju ke Jember karena ada event di sana. Lalu, pekan depan ke Madiun. Yang pasti, pelatihan ke luar daerah akan lebih diintensifkan mulai bulan ini,” bebernya. (dit/c1/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.