Semakin Dekat dengan Pembaca

LPj BUMDes Banaran Sakti 2021, Berharap 2022 Makin Meningkat Pendapatannya dan Bisa Sejahterakan Warga Banaran

TULUNGAGUNG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Banaran Sakti, Desa Banaran, Kecamatan Kauman, melaksanakan laporan pertanggung jawaban (LPj) BUMDes 2021. Kegiatan ini dilaksanakaan beberapa waktu yang lalu yang dihadiri, berbagai unsur desa mulai, RT/RW, Badan Perwakilan Desa (BPD), LPM, penasehat dan juga pengurus unit-unit usaha.

Hal itu ditegaskan Kades Banaran dan Penasehat BUMDes Banaran Sakti, Andri Suprambodo.

Kepala desa (kades) yang menjabat dua periode itu menjelaskan bahwa, BUMDes Banaran Sakti memiliki tiga unit pengelolaan usaha. Yakni pengelolaan Desa Wisata Punakawan Park, pengelolaan sampah, unit pengelolaan pasar desa. “BUMDes sendiri baru berdiri 2020 dan dengan segala kondisi dan perjuangan, BUMDes berjalan dengan maksimal meskipun tertatih-tatih karena pandemi,” jelasnya.

Meski perjalanan BUMDes tidak mudah, namun bisa berjalan dan membawa spirit baru di Desa Banaran. Karena sudah mampu berjalan meskipun belum sesuai harapan, sebagai bentuk pertanggung jawaban diadakan kegiatan laporan. “Alhamdulillah 2021 sudah berkontribusi untuk desa dan menghasilan PADes, meskipun kecil. Jadi selain berupa uang tunai juga ada penambahan aset,” katanya.

Sebagai penasehat BUMDes, Andri berharap BUMDes Banaran Sakti bisa meningkatkan penghasilan tahun ini, bisa meningkatkan PADes, terutama meningkatkan kesejahteraan pengurus BUMDes. “Tentu harapan terbesar kami meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Banaran dan juga mengurangi pengangguran di lingkungan BUMDes. Selain itu mampu memunculkan UMKM-UMKM baru di Desa Banaran. Goalnya perekonomian masyarakat meningkat dan semakin sejahtera,” pungkasnya.(fid/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.