Semakin Dekat dengan Pembaca

Luangkan Waktu untuk Traveling

KOTA BLITAR – Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa traveling membutuhkan banyak bujet. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Namun, bujet memang tetap diperhitungkan demi kelancaran traveling. Apalagi, ketika mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi.

Menurut traveler Ardianty Pangestu, ada beberapa hal yang perlu direncanakan sebelum berangkat traveling ke tempat tujuan yang diinginkan. Selain kesiapan perlengkapan sehari-hari, juga uang saku serta kondisi fisik yang prima. “Kondisi fisik juga perlu diperhatikan. Jika memang kurang fit, jangan dipaksakan,” terangnya.

Nah, pada 2019 lalu, dia pernah pergi ke Jogjakarta. Dia memilih touring dengan mengendarai sepeda motor bersama rekan-rekannya. ”Kenapa saya memilih Jogjakarta, itu karena di sana mempunyai karakter budaya yang masih kental,” ujarnya.

Dari pengalaman traveling ke Kota Gudeg tersebut, Ardianty belajar menghitung biaya selama berkunjung di sana. Hasilnya, biaya kebutuhan terbilang tak jauh berbeda dengan kampung halaman Kota Blitar. Dari segi makanan, transportasi, hingga penginapan atau homestay, biayanya tak terlalu mahal. “Perencanaan finansial perlu dilakukan agar kita tetap bisa berhemat selama traveling. Ketika beli makan misalnya, ya jangan berekspetasi terlalu tinggi,” ungkapnya.

Dia juga sering berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Blitar. Banyak destinasi wisata menarik di sana, di antaranya ada pantai, pegunungan, air terjun, candi, hingga museum. “Tak lupa bagi para wanita seperti saya wajib membawa sunscreen biar tetap bisa beraktivitas tanpa takut panas matahari,” katanya.

Menurutnya, berlibur ataupun traveling itu penting untuk menyegarkan pikiran. “Jangan lupa sisihkan sedikit waktu luang kita untuk liburan. Sebab, refreshing penting sekali untuk kelangsungan kewarasan mental health (kesehatan mental),” tuturnya. (zam/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.