Semakin Dekat dengan Pembaca

Markoni Sosok Guru yang Aktif di Berbagai Kegiatan Sosial, Dirikan Yayasan Anak Yatim dan Duafa

TULUNGAGUNG- Bertambah tua itu takdir, tetap berjiwa muda itu pilihan. Inilah pepatah yang cocok menggambarkan Markoni. Diusianya yang tak lagi muda, guru pelajaran Bahasa Indonesia ini masih memiliki segudang aktivitas yang dijalaninya.

Selain melaksanakan tanggung jawabnya sebagai seorang guru, ia juga aktif beberapa kegiatan sosial di luar sekolah. Menurutnya kegiatan ini merupakan wujud sebagai mahluk sosial agar terus dapat berkembang kearah yang lebih baik.

“Sebagai manusia kita memang harus terus berkembang. Untuk saat ini ya aktif di TPQ sebagai kepala, kemudian dibidang kemasyarakatan sampai saat ini aktif juga sebagai ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Sedangkan dalam keagamaan aktif sebagai ketua takmir masjid, yang aktif mengisi kegiatan ceramah,” tuturnya.

Padatnya aktivitas di luar jam mengajar tak menyurutkan semangatnya untuk menorehkan prestasi profesionalismenya. Ia juga menceritakan bahwa berhasil meraih beberapa penghargaan. “Pernah menjadi Guru SMP Prestasi 1 se-Kabupaten Tulungagung di tahun 2012 dan 2015. Sampai saat ini saya juga menjadi ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Tulungagung,” paparnya.

Tak hanya berhenti di situ, Markoni bersama rekan pengurus juga mendirikan yayasan anak yatim dan duafa sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak yatim dan duafa di sekitarnya. “Sekitar 2016 saya bersama rekan pengurus mendirikan yayasan untuk anak yatim dan duafa. Sementara yayasan masih mampu memberi sumbangan rutin setiap bulannya,” jelasnya.

Segudang aktivitas ini rutin ia jalani karena dirinya merasa mendapat suatu kenyamanan. Bisa bermanfaat bagi sesama. “Saya itu prinsipnya sederhana, selagi titipan jiwa raga masih kuat, bagaimana ini bisa bermanfaat untuk sesama,” ungkapnya.

 

Memiliki semangat tinggi di usia yang tak lagi muda, dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda. Seyogyanya kaum muda bisa jauh lebih produktif melihat kisah lelaki yang murah senyum ini. (*/tin/apr/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.