Siklus akuntansi merupakan proses membentuk laporan finansial. Terutama laporan keuangan perusahaan yang bisa diterima dan bisa dipertanggungjawabkan.
Akuntansi sendiri merupakan pencatatan, pelaporan dan analisis data keuangan di dalam perusahaan. Umumnya akuntansi ini digunakan agar bisa menghasilkan informasi keuangan perusahaan yang tepat dan akurat.
Untuk bisa menghasilkan informasi yang akurat dibutuhkan proses yang panjang dan sejumlah tahap yang berulang. Sifat berulang inilah yang membuat setiap tahapan dalam proses akuntansi dalam suatu waktu tersebut disebut dengan siklus.
Siklusnya sendiri berisi aktivitas berupa analisis dan mencatat transaksi bisnis. Selain itu mempersiapkan aktivitas di periode akuntansi selanjutnya, siklus ini harus diakhiri dengan tahapan jurnal penutup.
Kapan Siklus Digunakan?
Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa akuntansi merupakan kegiatan mencatat, melakukan klasifikasi dan juga melaporkan setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahan.
Proses tersebut dilakukan dalam periode tertentu sehingga disebut sebagai siklus akuntansi. Sederhananya adalah siklus ini merupakan proses untuk menyusun dan juga membuat laporan keuangan dengan jangka waktu tertentu dan tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan.
Lalu kapan siklus tersebut digunakan? Tidak ada batasan kapan siklus tersebut digunakan karena semuanya tergantung dengan organisasi maupun perusahaan masing-masing.
Biasanya siklus pencatatan akuntansi ini tahunan. Selama periode ini akan banyak transaksi dicatat ke dalam jurnal, barulah pada akhir periode akuntansi laporan disusun dan siap untuk dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
Tujuan Siklus Akuntansi
Tujuan dari siklus ini adalah untuk bisa mencatat semua transaksi tanpa harus kehilangan entri atau input. Hal ini bisa mengarah pada keakuratan dalam semua catatan.
Akuntan ini bisa menyusun laporan keuangan agar bisa mempertimbangkan catatan maupun siklusnya. Siklus ini menjadi batu loncatan dan didasarkan laporan keuangan.
Proses Siklus Akuntansi
Siklus dimulai ketika ada transaksi akuntansi yang terjadi di perusahaan. Siklus ini muncul dari aktivitas dengan mencatat transaksi dan juga memposting inputannya di buku besar. Saat selesai memposting jurnal kedalam buku besar, akuntansi ini bisa menyiapkan neraca saldo yang belum disesuaikan.
Tujuan utama dari neraca saldo ini adalah untuk mengkonfirmasi antara debit dan juga kredit. Setelah itu Anda bisa menyusun jurnal penyesuaian yang mana dibuat untuk bisa melakukan koreksi tertentu. Saat jurnal penyesuaian ini di posting neraca saldo ini disiapkan untuk membuat laporan keuangan.
Kesalahan yang Sering Dilakukan
Perusahaan kecil, menengah maupun besar penting untuk membuat laporan keuangan berdasarkan siklus akuntansi. Sangat penting bagi perusahaan untuk bisa menghitung semua uang masuk maupun keluar dari perusahaan. Selain itu keseimbangan ini sangat penting dalam akuntansi.
Kesalahan yang bisa terjadi saat mencatat transaksi tersebut seperti neraca saldo yang tidak dihitung dan sebagainya. Orang akuntansi di perusahaan Anda ini bisa menyesuaikan neraca saldo tujuannya supaya saldo debit dan kredit ini menjadi sesuai.
Ada beberapa alasan yang menyebabkan akuntansi ini menjadi tidak seimbang yaitu melewati pencatatan transaksi, melakukan posting transaksi pada posisi yang salah yaitu mendebit bukan mengkredit dan sebaliknya.
Selain itu juga transaksi dengan jumlah yang salah dan yang juga melakukan entri atau input berkali-kali akan membuat akuntansi tidak seimbang.
Manfaat Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Siklus
Akan ada banyak manfaat yang bisa perusahaan dapatkan jika menyusun laporan keuangan sesuai dengan siklus akuntansi tersebut. Simak beberapa manfaatnya yang penting untuk Anda perhatikan berikut ini:
- Mendapatkan Informasi yang Akurat
Manfaat pertama adalah perusahaan Anda akan bisa mendapatkan informasi yang akurat. Seperti yang banyak diketahui bahwa informasi keuangan yang akurat ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana kondisi perusahaan.
Perusahaan yang performanya buruk akan memiliki keuangan yang buruk pula. Jika laporan keuangannya tidak didasarkan pada siklus kondisi perusahaan yang sebenarnya ini tidak akan mudah untuk diketahui.
- Posisi Keuangan yang Akurat
Laporan keuangan yang dibuat sesuai dengan siklus ini akan membuat perusahaan Anda tahu posisi keuangan perusahaan Anda saat ini bagaimana.
Alasannya adalah siklus ini bisa membuat setiap transaksi keuangan yang dilakukan tercatat dengan baik. Setiap pembelian dan juga penjualan dalam bisnis Anda akan tercatat dengan detail.
- Gambaran Neraca
Anda akan bisa mendapatkan gambaran neraca perusahaan Anda seperti jumlah penghasilan, utang piutang, laba rugi maupun modal perusahaan.
- Mudah Menghitung Pajak
Dengan menyusun laporan keuangan sesuai dengan tahapannya akan memudahkan Anda dalam menghitung pajak. Anda tidak lagi harus kesusahan dalam mengetahui besaran pajak yang harus disetorkan kepada negara.
Sudah banyak perusahaan yang membuat laporan keuangan sesuai dengan siklus namun belum bisa membuat informasi laporan keuangan yang tepat, akurat dan real time.
Kelemahannya adalah semuanya masih dilakukan dengan cara manual. Proses akuntansi yang panjang membuat human error sangat mungkin terjadi. Selain itu data keuangan manual akan membuat perusahaan kesusahan jika dibutuhkan sewaktu-waktu.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mulai membuat akuntansi perusahaan Anda berjalan otomatis dan terintegrasi. Dengan bantuan sistem atau aplikasi keuangan perusahaan akan bisa diminimalkan.
Akuntan Anda bisa melakukan input data dan data yang terinput tersebut akan bisa langsung terlihat dan diakses oleh karyawan lainnya yang bersangkutan sehingga data benar-benar dilihat secara real time.
Gunakan aplikasi keuangan perusahaan yang bisa membuat siklus akuntansi di perusahaan Anda berjalan maksimal, karena hanya kami perusahaan penyedia IT berbasis bisnis terbaik di Indonesia.
Rekomendasi Aplikasi Keuangan Perusahaan Terbaik yang Dapat Jadi Pilihan Bisnis
Setiap perusahaan pasti memiliki laporan keuangan perusahaan untuk menggambarkan kinerja perusahaan serta performanya secara periodik.
Laporan keuangan sendiri meliputi berbagai aspek, mulai dari laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas, serta aspek lain yang terkait dengan keuangan perusahaan.
Banyaknya aspek yang perlu diperhatikan untuk menjadi suatu laporan keuangan membuat pembuatan laporan keuangan secara manual cukup merepotkan.
Tak perlu khawatir, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk mengelola laporan keuangan secara praktis menggunakan aplikasi keuangan perusahaan.
Keberadaan software atau perangkat lunak untuk mengelola laporan keuangan perusahaan tentu sangat memudahkan pelaku bisnis dalam memantau performa usahanya.
Menariknya, kini ada banyak aplikasi software yang menawarkan berbagai keunggulan. Berikut adalah 10 aplikasi keuangan perusahaan terbaik yang bisa Anda coba.
- Mekari Jurnal
Mekari Jurnal merupakan software pencatatan otomatis dan pengelola keuangan bisnis yang praktis. Software ini memungkinkan para penggunanya untuk memantau performa bisnis dengan cepat dan akurat.
Dilengkapi dengan mobile app, membuat Anda dapat mengakses informasi keuangan perusahaan secara real time, dimana saja dan kapan saja.
Aplikasi keuangan perusahaan ini menyajikan laporan yang mudah dimengerti, komprehensif, dan lebih tajam.
Dengan demikian, Anda dapat mengukur seberapa besar keberhasilan bisnis dalam periode tertentu dengan lebih akurat. Mekari Jurnal juga menawarkan kemudahan mengkonversi laporan dalam format lain, misalnya pdf dan Excel.
Anda dapat mengatur dan membatasi akses setiap user untuk menjamin keamanan data transaksi. Selain penyajian ringkasan keuangan instan dan kemudahan akses, software ini juga menghadirkan tampilan yang bisa disesuaikan.
- FreshBooks
Software berikutnya yang menawarkan fitur pengelolaan laporan keuangan adalah FreshBooks. FreshBooks adalah software yang dikelola oleh 2ndSite Inc. dengan basis di Toronto, Canada.
Software ini menawarkan berbagai fitur fungsional yang telah digunakan oleh banyak pelaku bisnis, terutama perusahaan kelas kecil dan menengah di seluruh dunia.
FreshBooks memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengetahui kinerja bisnis dengan tepat. Laporan keuangan pun disajikan dengan cukup detail dan akurat. Tak heran jika software ini disukai oleh para akuntan dari berbagai perusahaan di berbagai negara.
Melalui software ini, Anda dapat mengetahui posisi perusahaan dan seberapa baik kinerja bisnis selama periode tertentu.
Kemudahan evaluasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan strategi berikutnya dengan tepat. FreshBooks juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses laporan penting secara sekilas.
- QuickBooks
QuickBooks adalah software akuntansi yang menyediakan fitur laporan keuangan. Software ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Intuit yang menawarkan aplikasi keuangan versi lokal dan berbasis cloud.
QuickBooks banyak digunakan oleh perusahaan kelas kecil hingga menengah karena berbagai kemudahan dan keunggulannya.
Secara garis besar ada tiga aspek laporan keuangan yang tersedia, yaitu laporan laba rugi, neraca kustom, dan cuplikan perusahaan.
Laporan keuangan tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi bisnis. Angka aset dan kewajiban Anda juga akan ditampilkan melalui neraca untuk memudahkan identifikasi bisnis.
QuickBooks juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memantau performa bisnis secara real time.
Menampilkan bagan dan grafik dari laporan keuangan secara periodik, memungkinkan Anda untuk dapat membandingkan pendapatan serta pengeluaran dari waktu ke waktu.
- Xero
Aplikasi keuangan perusahaan berikutnya yang banyak digunakan oleh bisnis kecil dan menengah adalah Xero. Xero adalah software berbasis cloud yang berasal dari New Zealand.
Menghadirkan berbagai fitur seputar akuntansi secara lengkap, tak heran jika aplikasi keuangan perusahaan ini banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai negara.
Xero menghadirkan laporan keuangan terkini dan secara real time. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan laporan akuntansi yang akurat pada setiap periode tanpa menunggu akhir bulan.
Anda juga dapat menyesuaikan tata letak laporan dan menggunakan kembali tata letak laporan yang disesuaikan.
Pemantauan performa bisnis juga menjadi lebih mudah dengan pelaporan keuangan yang akurat. Anda juga bisa menyisipkan rumus untuk menghitung varian antar kolom dalam laporan keuangan menggunakan software ini. Menariknya, Anda dapat mengarsipkan laporan keuangan lama dan memulihkannya ketika diperlukan.
- ZipBooks
ZipBooks adalah software akuntansi yang menghadirkan laporan keuangan pada fiturnya. Software ini pertama kali ditemukan pada tahun 2015 dengan basis perusahaan di American Fork Utah.
Seperti aplikasi keuangan perusahaan lainnya, ZipBooks juga merupakan software berbasis cloud dan kompatibel dengan sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android.
Software ini mampu menyajikan catatan keuangan yang rapi untuk bisnis Anda. Selain memberikan kemudahan pelacakan transaksi, penggunanya juga bisa dengan mudah melakukan evaluasi bisnis.
Laporan keuangan yang disajikan juga memastikan Anda mengetahui performa bisnis dan kondisi keuangan perusahaan yang akurat.
Berbagai aspek laporan yang disediakan oleh ZipBooks, antara lain penuaan piutang, neraca keuangan, neraca saldo, laporan laba rugi, faktur pajak, dan juga jurnal umum.
ZipBooks juga akan memberikan umpan balik kepada penggunanya untuk meningkatkan operasional dan mengingatkan kewajiban penting, seperti membayar pajak.
- Sage Intacct
Berikutnya ada Sage Intacct yang juga menawarkan pelaporan keuangan dan dasbor. Software berbasis cloud ini menyediakan manajemen finansial dan pelayanan di lima wilayah, termasuk Amerika, Canada, Inggris, Australia, dan Afrika Selatan. Selain laporan keuangan, software ini juga memungkinkan pembayaran bisnis, tagihan, dan penggajian.
Sage Intacct hadir sebagai aplikasi keuangan perusahaan yang menyediakan laporan keuangan agar bisa mendukung fleksibilitas penggunanya. Anda bisa dengan cepat mengelompokkan detail penting keuangan bagi semua pemangku kepentingan.
Laporan, dasbor, dan visualisasi khusus yang tersedia memudahkan penggunanya dalam melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan.
Software ini juga memiliki buku besar inovatif yang menangkap konteks bisnis dari transaksi, ukuran operasional, dan anggaran. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses serta membuat laporan secara cepat. Tanpa mengelola bagan akun yang rumit, Anda bisa menganalisis kinerja bisnis secara real time.
- Odoo
Aplikasi keuangan perusahaan terakhir yang masuk dalam daftar adalah Odoo. Odoo adalah software manajemen bisnis yang menawarkan berbagai fitur untuk pengelolaan CRM, e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, hingga manajemen stok.
Odoo memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang dinamis dan jelas sesuai dengan keinginan. Berbagai jenis laporan juga tersedia dengan menggunakan aplikasi keuangan perusahaan ini, termasuk laporan pendapatan, laporan arus kas, hingga neraca saldo. Kemudahan ini juga membuat Anda bisa memantau performa bisnis dengan mudah dan cepat.
Dilengkapi dengan filter, zoom, serta anotasi, mendukung penggunanya untuk dapat membandingkan data dengan lebih praktis.
Tak perlu lagi mencatat secara manual, software ini membuat pengelolaan laporan keuangan menjadi lebih mudah dan terintegrasi. Analisa keuangan pun bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.
Demikianlah sejumlah aplikasi keuangan perusahaan terbaik dan paling direkomendasikan. Jangan ragu untuk menggunakan software demi kemudahaan pengelolaan data keuangan bisnis Anda.
Pastikan untuk memilih software atau aplikasi keuangan perusahaan terbaik agar bisa memudahkan pengoperasian dan memaksimalkan fungsinya.