Semakin Dekat dengan Pembaca

Merasa Sudah Mampu, Sembilan Penerima Rastrada Mundur

KOTA BLITAR – Beberapa keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Blitar memutuskan mundur dari daftar penerima bantuan sosial (bansos). Alasannya, mereka merasa sudah mampu.

Alasan itu diutarakan saat petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar hendak menempel stiker yang bertanda “Keluarga Ini Kurang Mampu Penerima Bansos” di rumah KPM. Pada stiker tersebut tertera tiga jenis bantuan. Yakni, Program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan nontunai (BPNT), dan beras kesejahteraan daerah (Rastrada).

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Blitar Soegijono mengatakan, tujuan pelabelan di rumah warga ini untuk validasi data agar bansos tepat sasaran. Selain itu, mencegah kasus penerima bansos ganda. “Misalnya dia sudah mendapat BPNT, kemudian juga mendapat Rastrada. Itu tidak bisa,” ujarnya kepada koran ini, kemarin (20/12).

Berdasarkan data dari dinsos, ada sembilan KPM yang mengundurkan diri dari bantuan Rastrada. Perinciannya, 1 KPM dari Kecamatan Sananwetan dan 8 KPM dari Kecamatan Kepanjenkidul. “Mereka mengundurkan diri karena menganggap bahwa keluarganya sudah mampu,”katanya.

Dinsos menargetkan, jumlah rumah yang diberi stiker sebanyak 16.500 KPM. Namun, saat ini masih belum tuntas. “Target kami bulan ini (Desember, Red) selesai,” ujarnya. Pemberian stiker ini juga dalam rangka validasi data KPM untuk 2023 mendatang.

Bansos diharapkan mampu mendorong ekonomi masyarakat di Kota Blitar. Khususnya bagi mereka yang secara ekonomi tidak mampu. “Artinya, secara ekonomi tidak mampu memenuhi kebutuhan, atau secara kemampuan tidak bisa mendapatkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan,” jlentrehnya.

Pihaknya berharap agar keluarga yang sudah diberi bantuan tersebut mengalami peningkatan kesejahteraan sosial. Hal ini ditunjukkan dengan kecukupan ekonomi dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Semoga bisa mendapat penghasilan yang cukup dan me-manage pengeluaran yang tidak diperlukan,” harapnya.

Seperti diketahui, bantuan Rastrada ini diberikan sebanyak tiga kali dalam setahun. Bantuan ini berupa beras sebanyak 40 kilogram yang diberikan setiap empat bulan sekali. (mg1/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.