Semakin Dekat dengan Pembaca

Meriah LPI SD Islam Al-Azhaar Rejoagung Gelar Unjuk Karya Siswa

Tulungagung – Lembaga Pendidikan Islam (LPI) SD Islam Al-Azhaar gelar unjuk karya siswa pada Kamis (15/12) lalu. Mengangkat tema “Gebyar Kreasi Budayaku Indonesiaku”, acara digelar di aula SDI mulai pukul 08.00 hingga 11.00. Agenda ini merupakan salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka sekolah yang berada di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru tersebut.

Pelaksana utama pertunjukkan karya ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 130 anak dan juga dihadiri wali murid. Sesuai tema, para siswa mengenakan busana berbagai suku yang ada di Indonesia.
Tuti Haryati MPd selaku kepala sekolah mengungkapkan, unjuk karya ini adalah kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang merupakan bagian urikulum merdeka. Jadi, para siswa menyajikan tarian dan

lagu adat di Indonesia seperti tema yang telah dipilih. Berdasarkan peraturan, kegiatan P5 ini ditujukan untuk siswa kelas I dan IV. “Tapi, sekolah kami menerapkan ke seluruh siswa tanpa terkecuali,” ungkapnya.
Dari 130 siswa dibagi menjadi 6 kelas dengan menampilkan satu tarian yang diiringi lagu daerah. Pakaian yang digunakan juga menyesuaikan tarian atau berasal dari daerah mana yang sudah dipiih. Untuk pemilihan tarian, para siswa memilih dan mempraktikkan sendiri. Hal itu sudah mereka pelajari selama kurang lebih tiga bulan. “Untuk kegiatan yang sudah kami rencanakan, dalam kegiatan P5 ini kami mengharapkan siswa lebih bisa menunjukkan dan membentuk karakter. Mengerti, mengenal, dan mencintai kebudayaan Indonesia. Juga berpikiran demokratis dan logis kritis sehingga membentuk mental yang kuat,” ungkap Tuti Haryati.
Berkat dukungan yang luar biasa dari wali murid, acara ini bisa digelar. Termasuk dukungan dalam hal pembiayaan make-up dan pakaian adat. (rif/c1/ynu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.