Semakin Dekat dengan Pembaca

Meski Menang, Evaluasi Komunikasi dan Jarak Antarlini

KABUPATEN BLITAR –  Kontestan Liga 3 asal Bumi Penataran, Blitar Poetra (BP) FC menggelar laga uji coba pembuka sore kemarin (26/8). Melawan tim Kabupaten Malang, Arjowilangun FC, anak-anak Blitar sukses mengunci kemenangan dengan skor 5-0.

Meskipun meraih hasil sempurna, Tapi tim pelatih menilai masih banyak hal yang perlu disorot dari permainan anak asuhnya.

Pelatih interim BP FC, Yudianto mengaku, jika anak asuhnya punya skill individu yang cukup bagus. Permainan kombinasi bola pendek maupun umpan panjang ditampilkan secara rapi oleh skuad BP FC yang berseragam hijau-hijau saat melawan Arjowilangun FC kemarin. “Tadi (kemarin, Red) semua pemain saya turunkan. Di babak pertama kita turunkan skuad utama. Skuad cadangan diturunkan di babak kedua,” jelasnya.

Meski begitu, pelatih merasa masih belum puas dengan permainan kolektif yang ditunjukkan para penggawa. Sebab, anak asuhnya sering kali “kecolongan” saat mulai membangun serangan dari lini belakang. Penyebabnya, komunikasi antarlini yang masih belum maksimal.

“Kurang komunikasi antarpemain. Itu membuat ada jarak antarlini. Sehingga, anak-anak mudah kehilangan bola karena jarang yang memberitahukan rekannya dari mana musuh datang. Pola permainan kita jadi mudah dipatahkan,” bebernya.

Untuk itu, jelas Yudi, tim pelatih kekeuh mendorong jajaran manajemen untuk segera mencari sosok pemain senior. Proyeksinya, tiga pemain senior bakal dimasukkan ke dalam line up starting eleven. “Masing-masing mengisi belakang, tengah, dan belakang. Dengan begitu ada sosok yang memberi komando di lapangan,” tegasnya.

Meski begitu, tim pelatih tak ingin buru-buru memberi raport merah kepada para pemain. Sebab, ini adalah uji coba pertama. Wajar jika masih banyak pemain yang merasa kagok saat mulai bertanding. Guna menambah porsi pelatihan, agenda uji coba sedang dirancang.

“Rabu pekan depan ada uji coba lagi. Tugas kita adalah membuat anak-anak aktif berkomunikasi. Lalu, kita benahi sektor belakang dan tengah yang tadi tampak masih kurang padu,” pungkasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.