Semakin Dekat dengan Pembaca

Minat Warga Wonokerto Minim Ikuti Seleksi PPS

TRENGGALEK – Animo warga Desa Wonokerto, Kecamatan Suruh, mengikuti seleksi panitia pemungutan suara (PPS) untuk pesta demokrasi 2024 minim. Masalah itu menyebabkan kebutuhan badan ad hoc di desa tersebut jadi tidak tercukupi.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Trenggalek Nurani membenarkan bahwa satu itu adalah Desa Wonokerto, Kecamatan Suruh. “Ada catatan, satu desa itu Desa Wonokerto,” ungkapnya.

Dari penjelasan Nurani, pendaftar seleksi PPS setelah masa perpanjangan waktu lalu ada empat orang. Namun, setelah tahap administrasi, satu peserta dinyatakan gagal. Kemudian, saat ujian tulis, satu peserta dinyatakan gagal karena tidak hadir. “Sehingga tinggal dua orang peserta,” ujarnya.

Menurut Nurani, tersisanya dua orang peserta itu di bawah kebutuhan anggota PPS untuk Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, kebutuhan badan ad hoc PPS memerlukan tiga orang. “Selain di Trenggalek, kejadian serupa juga terjadi di enam kabupaten lain,” ungkapnya.

Kejadian itu ternyata belum diatur di dalam juknis KPU RI sehingga KPU Trenggalek tidak dapat menangani hal tersebut. Namun, kata Nurani, pihaknya sudah berkonsultasi ke KPU provinsi, kendati belum mendapat solusi. “Cuma belum bisa memberikan solusi, selain berkirim surat ke KPU RI,” ujarnya.

Di sisi lain, hambatan yang terjadi di Desa Wonokerto tidak memengaruhi penyelenggaraan seleksi PPS menuju ke tahap wawancara. Jadwal wawancara telah direncanakan pada 18-20 Januari 2023. “Bisa jadi nanti ada surat edaran (SE) dari KPU RI, karena biasanya kalau ada fenomena yang belum terjawab oleh juknis itu akan dijawab oleh SE,” jelasnya.

Sementara menilik penguji wawancara, nantinya ada 10 tim pewawancara. Mereka berasal dari 5 komisioner KPU Trenggalek dan 5 kepala sub bidang KPU Trenggalek. Teknisnya, para pewawancara akan mewawancarai sebanyak 1.072 peserta. “Misal korwil II itu mewawancari peserta se-Kecamatan Bendungan, Trenggalek, dan Karangan,” ucapnya. (tra/c1/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.