Semakin Dekat dengan Pembaca

Momen HAB, Tingkatkan Kerukunan Antarumat Bergama di Blitar Jelang Pemilu

KOTA BLITAR – Beragam kegiatan digelar menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI Ke-77. Di antaranya, kegiatan lomba-lomba, wisuda RBQ yakni rumah belajar Al Quran yang merupakan binaan dari Kantor Kemenag Kota Blitar, hingga jalan sehat kerukunan.

Untuk diketahui, tema HAB Ke-77 adalah “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Melalui tema tersebut diharapkan kerukunan antarumat beragama di masyarakat makin terjalin kuat. Apalagi, menghadapi kontestasi politik Pemilu 2024 mendatang. “Bersama pihak-pihak terkait, kami berkomitmen menjaga kerukunan antarumat beragama. Salah satunya bersama FKUB (Forum Kerukunan Antara Umat Beragama, Red). Sejumlah kegiatan pendukung terus ditingkatkan,” terang Kepala Kantor Kemenag Kota Blitar Fandi melalui Kasi Bimas Islam, Purnomo, kepada Koran ini kemarin (2/1).

HAB Ke-77 ini, jelas Purnomo, menjadi momentum Kemenag untuk terus berbenah. Terutama dalam kualitas pelayanan terhadap masyarakat untuk lebih ditingkatkan. “Salah satunya terkait masalah haji dan umrah. Mulai tahun ini, pelayanan bakal lebih mudah karena satu pintu. Calon jemaah tidak lagi wira-wiri ke bank untuk membayar. Cukup di kantor Kemenag langsung,” terang pria ramah ini.

Kemudian, seiring terbangunnya kantor KUA di Kecamatan Sananwetan, masyarakat bisa lebih mudah mengurus dokumen pernikahan. Selain itu, juga bisa melayani manasik haji. Tahapan-tahapan pernikahan bisa dilakukan langsung di KUA oleh calon pengantin.

Di bidang pendidikan, Kemenag juga terus mengikuti perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah pusat. Kemenag juga ikut menerapkan kurikulum Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaa (Mendikbud).

Nah, bagian yang terpenting adalah komitmen Kemenag dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Bersama FKUB, Kemenag berupaya maksimal agar situasi di Kota Blitar tetap kondusif. “Terlebih menjelang Pemilu 2024. Kami berupaya agar selama tahapan pemilu berlangsung tidak ada hal-hal yang buruk terjadi. Semuanya aman dan kondusif,” tandasnya. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.