Semakin Dekat dengan Pembaca

Motivasi Diklat Jurnalistik di MTs Arrosyidiyah Sumberagung

TULUNGAGUNG – Perkenalkan, namaku Ananda Sifa Ainur Rahmania. Aku sekarang duduk di bangku kelas IX A. Aku bersekolah di MTs Arrosyidiyah, Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan. Pada Rabu, 24 Agustus 2022, Aku mengikuti diklat jurnalistik yang bertempat di ruang kelas MTs Arrosyidiyah. Aku senang banget bisa menjadi salah satu peserta diklat ini. Kegiatan diklat jurnalistik ini baru pertama kali diadakan di madrasahku. Madrasahku itu cuma madrasah kecil, tapi prestasinya sangat luar biasa.

Acara diklat jurnalistik dimulai dari jam 08.30-12.00 WIB. Yang membuka acara adalah ibu Dr Eti Rohmawati MPdI. Beliau adalah Kepala MTs Arrosyidiyah. Setelah beliau selesai sambutan dan menjelaskan apa saja kegiatannya, acara dilanjutkan oleh Bapak Yanu Aribowo. Beliau adalah narasumber dan juga wartawan Jawa Pos Radar Tulungagung. Bapak Yanu Aribowo sangat keren, beliau memiliki beberapa buku karangannya sendiri. Namun, Ibu Dr Eti Rohmawati MPdI juga nggak kalah keren, beliau juga mempunyai buku karangannya sendiri. Hebat banget ya, aku sangat bangga dengan beliau.

Bapak Yanu Aribowo mengisi materi tentang wawancara dan tips-tips menulis berita. Beliau juga bercerita tentang pengalamannya dan mengajak tanya jawab, biar kita bisa lebih dalam untuk memahami materinya. Aku sangat termotivasi dengan beliau. Oh iya, waktu penyampaian materi, Aku dibuat gagal fokus sama Ibu Eti. Saat Bapak Yanu Aribowo menjelaskan tentang materinya, Aku melihat ibu Eti sangat sibuk sekali dengan laptop yang ada di depannya. Namun, ketika Bapak Yanu Aribowo bertanya kepada beliau, Ibu Eti bisa langsung menjawab dengan sungguh-sungguh. Aku hari ini belajar banyak banget dari beliau berdua. Semoga suatu saat nanti, Aku bisa seperti beliau.

Oh iya, madrasahku juga ada pondoknya, lho. Namanya Pondok Pesantren Arrosyidiyah. Aku juga senang mondok di situ. Pengasuh pondokku namanya Abah Said. Beliau selalu rendah hati pada santri-santrinya dan setiap santri bangga kepada beliau, karena beliau mempunyai sikap yang arif dan bijaksana. Beliau juga salah satu guru di MTs Arrosyidiyah. Beliau itu sangat bersungguh-sungguh dalam mendidik santrinya, namun terkadang beliau pun galak, tetapi semua itu tidak menjadi beban dalam belajar. Sebaliknya menjadi keseriusan kami dalam belajar, agar suatu hari nanti jika sudah lulus bisa membanggakan kedua orang tua dan masyarakat umumnya. Aku bersyukur banget karena masih dipertemukan dengan orang-orang yang baik dan bisa menambah pengalaman baru. Jangan pernah putus semangat dan jangan takut untuk mencoba. (Oleh: Ananda Sifa Ainur Rahmania, siswa kelas IX A MTs Arrosyidiyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.