Semakin Dekat dengan Pembaca

Mulai Maret, Candi Gambar Wetan Dipugar

KABUPATEN BLITAR – Bumi Penataran kaya akan situs budaya dan sejarah. Salah satunya adalah Candi Gambar Wetan yang terletak di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Rencananya, candi yang berada di daerah perkebunan itu segera dipugar.

Koordinator Wilayah Blitar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Setyo Wahyudi mengatakan, proses pemugaran candi tidak dapat dilakukan dengan cepat. Ada beberapa tahap observasi yang harus dilakukan, baik untuk mengetahui bentuk batu candi maupun potensi candi. “Tahap observasi ekskavasi di Candi Gambar Wetan sudah dilakukan sejak 2017 lalu,” ujarnya kepada koran ini, kemarin (5/1).

 

(Dok. SETYO WAHYUDI FOR RADAR BLITAR)

 

Pada 2018 lalu, jelas dia, BPCB melakukan survey pemugaran setelah menemukan potensi bangunan candi. Dilihat dari sisi bangunan, terdapat empat batur candi yang masih utuh dan ada akses sarana prasarana yang bisa dikembangkan. “Saat ini masih dilakukan observasi lanjutan untuk realisasi pemugaran,” katanya.

Sebelum pemugaran, BPCB mengamankan batu candi dan situs sejarah lainnya di sekitarnya. Sebab, candi ini berada di perbukitan sehingga untuk mengantisipasi terjadinya longsor. Sesuai rencana, pemugaran mulai dilaksanakanpada Maret.

Setyo mengaku, warga setempat belum mengetahui rencana pemugaran candi. Meski begitu, dinas pariwisata dan kebudayaan sudah mendukung dan memberikan respon baik terkait rencana pemugaran tersebut.

Menurutnya, candi tersebut terbilang sepi pengunjung. Rata-rata pengunjung hanya sekitar 200 orang tiap bulannya. Lokasinya yang berada di perkebunan menjadi salah satu faktornya. Biasanya candi ini digunakan sebagai rutinitas ritual atau beribadah. “Candi ini ramai dikunjungi katika akhir pekan. Sementara untuk ritual pada kamis malam,” tandasnya. (mg1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.