Semakin Dekat dengan Pembaca

Oven Meledak, Eggtray di Blitar Ludes Terbakar

Petugas Kewalahan, Akses ke Pabrik Sulit

KABUPATEN BLITAR – Pabrik eggtray atau tatakan telur milik Wandry Prastiawan, warga Desa/Kecamatan Ponggok ludes terbakar, kemarin (5/1). Proses pemadaman pun sempat terkendala lantaran besar api serta akses ke pabrik yang sulit.

Penyebab kebakaran diduga karena pemanas eggtray meledak. Beruntunya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Investigasi Damkar Kabupaten Blitar Tedi Prasojo menjelaskan, ada beberapa titik bangunan yang sulit dijangkau lantaran terhalang rak eggtray. Tak pelak, tim damkar kewalahan karena harus mencari akses lain. “Apalagi, api sangat besar karena eggtray mudah terbakar. Akhirnya kami padamkan dari belakang melalui jendela,” ujarnya kepada Koran ini, kemarin.

Pabrik tersebut, jelas dia, tidak dilengkapi jalur evakuasi. Akses yang digunakan untuk masuk pun terbatas. Padahal, jalur tersebut sangat diperlukan apabila terjadi kebakaran. Ketika ada akses tentu akan memudahkan upaya penyelamatan.

Kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 04.30. Saat itu, Wandry dan seorang pekerjanya memang mengaktifkan pemanas dan blower dengan suhu normal untuk produksi eggtray. Ada dua oven dan lima blower di sana. Dia lantas meninggalkan gudang untuk beristirahat.

Tak lama, terdengar suara gemuruh dari dalam pabrik disertai aroma gosong. Curiga dengan pabrik, Wandry lalu mengecek dan melihat api sudah berkobar besar. Titik api berasal dari ruang oven dan tempat produksi.

Seketika, dia dan pekerjanya menyelamatkan beberapa tumpukan eggtray. Dia lantas menghubungi damkar. “Sambil menunggu damkar, kami manfaatkan air yang ada. Tapi ya tidak bisa maksimal karena saking besarnya api,” kata Herman, warga sekitar yang ikut membantu memadamkan.

Tim damkar tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 05.00 dengan tiga armada dan 15 personel. Setelah berjibaku cukup lama, api baru bisa padam satu jam setelahnya. Kebakaran itu bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, dua pabrik eggtray milik Wandry juga pernah terbakar. (luk/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.