Semakin Dekat dengan Pembaca

Parpol Anggap KPU Grusa-grusu, Terkait Pengumuman Tiga Rancangan Penataan Dapil

TRENGGALEK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek telah mengumumkan tiga rancangan tentang penataan daerah pemilihan (dapil). Tiga rancangan itu memiliki skema berbeda, mulai 4, 5, dan 6 dapil.

Namun begitu, partai politik (parpol) menilai tindakan KPU Trenggalek sepertinya grusa-grusu, mengingat belum ada pemberitahuan atau sosialisasi kepada parpol, selaku pihak yang berkepentingan dalam kontestasi pesta demokrasi 2024 mendatang.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPD PKS Trenggalek Komarudin. Menurut dia, selama ini DPD PKS belum merasa menerima sosialisasi atau pemberitahuan, terkhusus menyangkut bagaimana bisa memunculkan tiga rancangan penataan dapil, yaitu dengan skema tetap 4 dapil, 5 dapil, atau 6 dapil. Pihaknya mendapatkan skema penataan dapil menjadi tiga rancangan dari pesan singkat WhatsApp yang sudah beredar.

Mengenai hal itu, Komarudin menilai langkah KPU Trenggalek terkesan tergesa-gesa, karena rancangan itu sepertinya belum melibatkan pihak-pihak terkait. Misalnya, pengamat politik, LSM, akademisi, parpol, dan sebagainya.

Padahal, dampak penataan dapil itu dapat berimbas signifikan terhadap parpol-parpol. Utamanya dalam hal mengatur strategi atau memasang perwakilan. “Kemarin memang diundang sosialisasi dari KPU, tapi itu menjelaskan gambaran umum penataan dapil, bukan khusus pada tiga rancanagan penataan dapil,” jelasnya. Melalui dampak itu, Komarudin menyayangkan upaya KPU mengumumkan rancangan penataan dapil di Kabupaten Trenggalek.

Dalam perpektif Komarudin, penataan dapil itu perlu mengacu tujuh prinsip yang ada. Sementara sebelum pengumuman rancangan penataan dapil, setidaknya harus memiliki landasan berupa kajian ilmiah, kemudian baru uji publik. Pihaknya pun berencana memanfaatkan tanggapan masyarakat untuk mempertanyakan bagaimana bisa muncul tiga rancangan dapil tersebut. “Iya, kami akan memanfaatkan tahapan tanggapan masyarakat itu,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Trenggalek Divisi Teknis Penyelenggaraan Istatiin Nafiah belum bisa dikonfirmasi tentang apa yang menjadi acuan untuk KPU Trenggalek memasang tiga rancangan tersebut, karena dirinya sedang bekerja di lapangan. “Masih ke lapangan,” kata Istaiin Nafiah. (tra/c1/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.