Semakin Dekat dengan Pembaca

Pelayanan Adminduk Trenggalek Terganggu, Pemohon Ngaplo

Trenggalek – Masyarakat Bumi Menak Sopal dan sebagainya yang mengurus kelengkapan administrasi kependudukan (adminduk) harus gigit jari kemarin (25/1). Pasalnya proses pelayanan adminduk yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Trenggalek terganggu. Hal tersebut terjadi lantaran ada maintenance server yang ada di Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sehingga hal tersebut membuat aktivitas pelayanan adminduk di berbagai daerah tidak bisa dilakukan, sebab akan aktif kembali jika perbaikan server tersebut telah selesai. “Dalam hal ini tidak ada yang bisa dilakukan, sebab masalah ada di server pusat, dan kami hanya sebagai operator saja,” ungkap Sekretaris Disdukcapil Trenggalek Ririn Eko Utoyo.

Disdukcapil pun telah mengumpulkan pemohon yang datang saat itu. Dalam hal ini mereka diberi dua alternatif pilihan, yaitu pulang dengan membawa kembali berkas persyaratan yang telah diberi tanda petugas, atau menunggu hingga sistem dibuka kembali. Namun terkait pengurus yang memilih menunggu harus mengambil risiko jika pada malam hari sistem belum bisa dibuka. “Jadi untuk berkas yang telah diberi tanda itu pemohon bisa datang kembali kapanpun dan pelayanannya akan kami dahulukan, jadi tidak usah antre,” katanya.

Sedangkan untuk pelayanan jemput bola nantinya akan dilakukan pencatatan secara manual. Sehingga data yang didapat tersebut akan di input ke dalam sistem jika nanti dibuka kembali. Dari situ dokumennya seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran/kematian dan sebagainya akan dikirim secara email. Sehingga masyarakat bisa mencetaknya mandiri, atau menghubungi perangkat desa untuk membantu pencetakannya. Sedangkan untuk KTP-el atau KIA, jika telah jadi nanti akan ada pemberitahuan ke pemohon dari situ pemohon bisa mengambilnya langsung, atau dititipkan ke perangkat desa juga jika tidak segera diambil dalam waktu tertentu, akan dikirim kembali lewat ojek online (ojol). Terkait permasalahan apa yang terjadi hingga sampai dilakukan maintenance server, Disdukcapil tidak mengetahui secara pasti. Sebab sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait hal tersebut. Namun berdasarkan informasi sebelumnya maintenance tersebut dilakukan karena ada penambahan coding untuk kode nomor daerah pemekaran pada adminduk tersebut.(jaz/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.