Semakin Dekat dengan Pembaca

Pembangunan Jalur Sodetan Widowati Tak Kunjung Terealisasi, Meski Sudah Direncanakan Tiga Tahun Lalu

Trenggalek – Pemkab Trenggalek harus secepatnya merealisasikan wacana pembangunan jalan untuk mengubah simpang tiga Widowati menjadi simpang empat. Pasalnya, wacana pembangunan jalan tersebut telah ada lebih dari tiga tahun lalu, tetapi belum juga terealisasi.

Padahal, keberadaan jalan baru tersebut sangat diperlukan untuk menunjang akses ke RSUD dr Soedomo Trenggalek. Itu mengingat di lokasi jalan saat ini sering terjadi hambatan lantaran banyak pengguna jalan di saat-saat tertentu, akibatnya sangat mengganggu pasien yang akan datang. Apalagi, saat ini telah ada gedung baru RSUD yang dibangun dengan dana pinjaman dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Memang jalan untuk menuju RSUD dari pintu depan sudah penuh sesak, jadi akan kami perbaiki,” ungkap Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin.

Dia melanjutkan, dengan begitu pembangunan jalan tembus dari Simpang tiga Widowati, Agro Park Trenggalek, bisa menjadi solusi. Karena itu, lokasi tanah aset pemkab yang saat ini masih berwujud sawah tersebut disodet ke arah barat. Dari situ, jalan bisa langsung ke arah rumah sakit di sisi belakang. Aktivitas instalasi gawat darurat (IGD) yang ada telah dipindah ke sisi belakang tersebut. “Kami yakin upaya itu bisa mempermudah akses masyarakat untuk berobat. Sebab, gedung baru RSUD dr Soedomo akan punya akses sendiri dan tidak mengikut akses jalan yang lama,” katanya.

Adanya jalan baru tersebut diharapkan juga bisa menjadi alternatif jalan ke RSUD selain melewati jalur utama yaitu Jalan dr Soetomo. Sebab, pada waktu tertentu, jalan tersebut relatif ramai karena melewati sekolah yang ramai akan aktivitas baik ketika masuk atau pulang. Sebab, jika terjadi kegawatdaruratan ketika aktivitas ramai, pastinya jalur pasien untuk menuju IGD RSUD akan terganggu.

Dari situ, pembangunan jalan sodetan tersebut dipercaya merupakan langkah yang tepat untuk mengoptimalkan pelayanan di gedung baru RSUD. Apalagi, dengan keberadaan gedung baru tersebut, pelayanan di RSUD semakin lebih baik. “Perbaikan demi perbaikan pelayanan akan terus kami lakukan. Jika nanti pembangunan jalan baru tersebut terwujud, tinggal fokus perbaikan lagi pada pelayanan rawat jalan,” jelas Ipin. (jaz/c1/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.