Semakin Dekat dengan Pembaca

Pengaruh Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

GADGET adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Diantaranya smartphone seperti iphone, android, blackberry serta notebook. Dalam psikologi perkembangan anak usia dini dikatakan sebagai anak yang berumur 0-6 tahun. Gadget berdampak negative dan positif terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Menjauhkan anak dari penggunaan gadget merupakan hal yang susah dan agak mustahil. sebab kehidupan sehari hari orang tua menggunakan gadget untuk bekerja, berkomunikasi dengan saudara menggunakan gadget dan hal lain sebagainya. Pada sisi lain, anak selalu berada di sekitar orang tua oleh karena itu menjauhkan anak dari gadget memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Dengan demikian penggunaan gadget untuk anak usia dini harus dalam jangka tertentu dan harus dalam pengawasan keluarga terutama peran dari orang tua. Peran orang tua sangat penting sebagai figur untuk menemani anak dalam mengawasi, dan mengarahkan pemakaian gadget agar bermanfaat bagi tumbuh kembang anak usia dini. Pada akhirnya pemakaian gadget tidak mempengaruhi perilaku kehidupan anak usia dini ketika sudah dewasa serta bisa menjadi media yang informatif dan komunikatif untuk belajar anak anak yang mana pastinya bermanfaat bagi kehidupan anak selanjutnya.

Salah satu dampak yang paling umum dari gadget pada anak-anak ialah kebiasaan tidur mereka. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa 50% anak usia 8-11 tahun menggunakan gadget satu jam sebelum mereka tidur. Angka ini bahkan bisa lebih tinggi untuk remaja. Cahaya biru (Blue Light) dari layar dapat menghalangi siklus tidur alami anak, yang menyebabkan kualitas tidur lebih buruk. Hal ini dapat berdampak besar pada kesehatan dan perkembangan anak.Penggunaan gadget juga dapat menyebabkan aktivitas fisik berkurang. Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan bermain dengan gadget mereka kehilangan kesempatan penting untuk aktivitas fisik. Hal ini dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.Penting peran orang tua untuk memantau penggunaan gadget anak-anaknya dan memastikan tidak menjadi berlebihan. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan perkembangan anak. Namun, jika digunakan secukupnya, gadget bisa menjadi dampak positif dari masa kanak-kanak.

Pemakaian gadget pada anak usia dini seperti smartphone harus di batasi,Untuk anak usia 2-5 tahun, sebaiknya cukup pakai gadget 1-2 jam per hari. Sedangkan anak di atas 6 tahun bisa menggunakan gadget lebih lama, tapi diselingi dengan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari,Meski itu merupakan durasi ideal, masih banyak anak yang memakai gadget lebih dari waktu yang ditentukan.maka dari itu, sebagai orang tua,harus lebih mengawasi penggunaan gadget bagi anak agar tidak berlebihan dan berdampak buruk pada hidupnya. Pertumbuhan dan perkembangan sosial anak harus lebih di perhatikan, Mengupayakan anak usia dini tidak mendapat dampak negatif dari gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini, dan Melaksanakan upaya dari solusi atas kecanduan gadget pada anak usia dini.(*)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.