Semakin Dekat dengan Pembaca

Perbaiki Jalan, Manfaatkan Hadiah Rp 10 M

KOTA BLITAR – Perbaikan infrastruktur masih menjadi salah satu prioritas kegiatan di Kota Blitar tahun ini. Entah itu perbaikan dalam bentuk peningkatan kualitas jalan atau pemeliharaan rutin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar Suharyono mengatakan, masih mendata serta memverifikasi ruas jalan mana saja yang perlu perbaikan. Tim juga menghitung kebutuhan anggaran untuk perbaikan jalan. “Rencananya kami manfaatkan dana hadiah dari Kementerian PUPR Bidang Bina Marga. Nilainya mencapai Rp 10 miliar,” terangnya, kemarin (7/1).

Sebagaimana diketahui, pemkot baru saja mendapat penghargaan sebagai daerah pengelola jalan terbaik. Kota Blitar masuk enam besar se-Indonesia. Pada puncaknya, Kota Blitar terpilih sebagai juara 1 dan mendapat hadiah uang senilai Rp 10 miliar.

Hadiah tersebut, jelas Suharyono, hanya diperuntukkan untuk kebutuhan perbaikan. Dari hadiah senilai itu, dinas belum bisa memastikan mekanisme penggunaannya. “Apakah semuanya untuk biaya pekerjaan atau termasuk biaya perencanaan dan lain sebagainya,” terang pria berkumis ini.

Bentuk perbaikan jalan yang dilakukan nantinya tergantung dari kondisi ruas jalannya. Jika memang rusak berat tentu dilakukan peningkatan kualitas jalan seperti di cor serta hotmix. Dinas masih melakukan verifikasi lebih lanjut.

Namun, menurut dia, ada beberapa ruas jalan yang memang perlu dilakukan peningkatan kualitas ruas jalan. Di antaranya, ruas jalan Dr Wahidin, Jalan Bengawan Solo, Jalan Raung, Jalan Widuri dan Jalan Jati. Ruas jalan tersebut sering rusak karena sering dilewati kendaraan berat. (sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.