Semakin Dekat dengan Pembaca

Perbasi Tulungagung Fokus Gembleng Pembinaan Klub dan Atlet Muda Basket

TULUNGAGUNG- Dunia basket di Tulungagung mulai berkembang dan menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. Setelah dilantik, Kepengurusan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Tulungagung masa bakti tahun 2022-2026 fokus pembinaan terhadap klub dan atlet muda demi kemajuan basket di Kota Marmer ini.

Pengurus Perbasi Tulungagung masa bakti tahun 2022-2026 secara resmi dilantik Ketua Perbasi Jawa Timur, Grace Evi Ekawati, di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jumat (2/12) malam kemarin. Total 21 pengurus yang dilantik bakal mengemban amanat untuk memajukan dunia basket Tulungagung selama empat tahun mendatang.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kini bola basket merupakan olahraga populer di kalangan anak muda, baik dalam memenuhi manfaat kebugaran jasmani maupun kebutuhan sosial. Namun, dalam konteks kejuaraan, cabang olahraga bola basket masih perlu dukungan serta dorongan lebih yang mampu membawa atlet binaan dalam meningkatkan prestasi.

Maka, hal tersebut merupakan pekerjaan rumah bagi Perbasi dan KONI Tulungagung untuk senantiasa membina dan mendorong atlet-atlet cabang olahraga bola basket sejak usia dini. Dengan begitu, mampu meningkatkan prestasi dari generasi ke generasi dan termasuk membina klub-klub bola basket dalam masyarakat. ”Karena masyarakat menaruh harapan besar kepada Perbasi Tulungagung untuk mengharumkan nama daerah melalui prestasi olahraga bola basket, baik tingkat daerah atau bahkan nasional,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi atas dilantiknya pengurus Perbasi Tulungagung masa bakti tahun 2022-2026. Kepada jajaran pengurus Perbasi terpilih, pihaknya mengingatkan bahwa pengukuhan bukan hanya melegalkan kepengurusan dalam organisasi, melainkan harus dimaknai lebih luas, yakni untuk menumbuhkan kesadaran dalam misi dan tanggung jawab. ”Harapannya agar pengurus Perbasi Tulungagung dapat melaksanakan amanah dengan baik, menjalankan tujuan dan mewujudkan visi-misi organisasi dengan penuh tanggungjawab, serta mampu memajukan olahraga bola basket di Tulungagung,” tutupnya.

Ketua Perbasi Jatim, Grace Evi Ekawati  mengatakan, sinyal bagus ketika pelantikan pengurus Perbasi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan di pendapa kabupaten. Itu menandakan bahwa dunia basket yang ada sangat didukung penuh pemerintah daerah. Apalagi, antusiasme warga Tulungagung dalam perkembangan bola basket juga besar.

“Dukungan luar biasa diberikan Pemkab Tulungagung. Kalau potensi yang dimiliki Tulungagung, sebenarnya banyak atlet basket berbakat,” ujarnya.

Dia yakin dengan kepengurusan baru dilantik, dunia bola basket di Tulungagung bisa lebih maju dan berkembang pada tahun-tahun berikutnya.

Ketua Perbasi Tulungagung terlantik, Achmad Mugiyono menambahkan, pada kepengurusan Perbasi yang dinakhodainya empat tahun ke depan, yang menjadi konsentrasi adalah pembinaan terhadap klub dan pebasket muda Tulungagung. Saat ini, basket di Tulungagung mulai banyak peminatnya, bahkan dimulai sejak usia sangat muda yakni usia sekolah dasar.

“Dengan basket, kita juga mencoba mengarahkan generasi muda untuk beraktivitas ke arah positif. Jadi, tidak melulu berkecimpung dengan gadget maupun ke tempat-tempat yang negatif,” katanya.

Notabennya, kekuatan basket di Tulungagung juga diperhitungkan di tataran provinsi. Karena basket Tulungagung menjadi ancaman, utamanya bagi daerah yang dunia basketnya lebih dahulu berkembang, yakni Surabaya maupun Malang. Tentu kekuatan dunia basket ini sangat didukung dengan sarana dan prasarana basket di kabupaten ini.

“Kita tinggal menggenjot prestasi-prestasi yang telah dimiliki agar lebih ciamik lagi. Agar atlet basket kita bisa bersaing di tingkatan nasional,” pungkasnya. (mg1/c1/din)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.