Semakin Dekat dengan Pembaca

Perbasi Tulungagung Sukses Gelar Turnamen Bertajuk Bupati Cup 2022

Tulungagung – Turnamen bola basket pelajar bertajuk Bupati Cup 2022 yang digelar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Tulungagung sukses. Puncak turnamen mempertandingkan partai final SMP dan SMA, Kamis (22/12) lalu.

Hadir pada kesempatan ini, Bupati Maryoto Birowo, Ketua Perbasi Tulungagung Achmad Mugiyono, Ketua Perbasi Jawa Timur (Jatim) Grace Evi Ekawati, Kapolres Tulungagung, Dandim 0807, serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulungagung selaku Pembina Perbasi Kabupaten Tulungagung.

Dalam kesempatannya, Bupati Maryoto Birowo mengapresiasi turnamen ini. Karena, persiapan turnamen yang digelar kali pertama semenjak pandemi ini terbilang mepet, tetapi sukses digelar dan mendapat respons luar biasa dari peserta.

Melalui turnamen tersebut, ke depannya diharapkan muncul bibit-bibit atlet yang dapat mengharumkan nama Tulungagung. Termasuk beberapa tahun lalu, tim bola basket pelajar Tulungagung meraih juara di tingkat provinsi Jatim dan mereka dikirim ke luar negeri.

Maka, lanjut dia, turnamen ini merupakan langkah awal untuk menjaring potensi atlet bola basket di Tulungagung. Mengingat olah raga bola basket merupakan olah raga favorit di kalangan pelajar, maka dirasa akan banyak atlet basket dari Tulungagung. “Mayoritas sekolah di Tulungagung memiliki fasilitas lapangan basket, saya rasa akan banyak bibit-bibit atlet basket dari Tulungagung,” tuturnya.

Ketua Perbasi Tulungagung Achmad Mugiyono mengucap syukur atas suksesnya turnamen bola basket ini. Tentu semua itu tidak terlepas dari dukungan pemerintah kabupaten (pemkab) dan juga pihak-pihak pendukung lainnya.

Untuk itu, Mas Mamad –sapaannya­mengharapkan kepada sekolah-sekolah di Tulungagung untuk mengaktifkan ekstrakurikuler basket. Itu karena pembinaan atlet basket akan terus dilakukan melalui turnamen-turnamen seperti ini.

Setelah turnamen ini, di tahun 2023 nanti, Perbasi rencananya akan menggelar turnamen serupa antar-SD, SMP, dan SMA, serta kelompok umur 12, 14, 16, dan 18. “Untuk itu, para atlet basket bisa mempersiapkan diri menyambut turnamen tersebut, “ pungkasnya.

Untuk diketahui, pertandingan yang berlangsung selama sebelas hari sejak 11 sampai 22 Desember tersebut diikuti sebanyak 58 peserta dari SD, SMP, SMA. Yaitu, tingkat SD sebanyak 6 putra dan 6 putri, kemudian tingkat SMP sebanyak 12 putra dan 12 putri, lalu tingkat SMA sebanyak 12 putra dan 10 putri.
Juara untuk SD putra-putri diraih tim bola basket SDN 4 Kampungdalem. Juara SMP putri diraih SMPN 1 Gondang, SMP putra diraih SMPN 2 Tulungagung, serta untuk juara SMA putra-putri diraih SMAN 1 Kedungwaru. (yos/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.