Semakin Dekat dengan Pembaca

Persiapan Kejuaraan, Anggaran FOBI Kota Blitar Belum Jelas

KOTA BLITAR – Jajaran pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Blitar harus lebih bersabar. Pasalnya, meski jajaran kepengurusan sudah dilantik sejak pertengahan tahun lalu, KONI masih perlu banyak waktu sebelum mulai menerjunkan FOBI di kejuaraan.

Praktis, induk cabor barongsai Kota Patria ini baru bisa turun di satu kejuaraan resmi, yakni Kejurprov Jatim 2022. Di event yang digelar pada September 2022, anak-anak Kota Blitar memang belum bisa berbicara banyak. “Kami dilantik pada Juni. Jadi, persiapan mepet. Karena memang belum banyak anggaran,” ujar ketua FOBI Kota Blitar, Daniel.

Pengajuan anggaran ke lembaga induk keolahragaan juga sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Tepatnya pada September 2022 lalu. Namun, KONI masih perlu melakukan monitoring sebelum mulai mendaftarkan FOBI ke berbagai ajang kejuaraan di tahun ini. “Katanya akan dilihat selama setahun ke depan. Kalau anggota aktif, program internal jelas dan ada progres, kami bisa didaftarkan ikut kejuaraan. Tapi, masih perlu waktu satu tahun lagi. Dan itu terbilang cukup lama,” bebernya kepada koran ini.

Setidaknya, ada dua gelaran tingkat provinsi yang ingin diikuti oleh FOBI Kota Blitar di tahun ini. Yakni, Porprov dan Popda Jatim. Namun sayang, tampaknya harapan itu sulit terealisasi. Sebagai gantinya, jajaran pengurus berencana untuk mengikutsertakan atletnya di berbagai turnamen terbuka. “Tapi, kalau open tournament itu kan membawa nama sasana atau klub masing-masing. Pembinaan bisa lakukan di sana,” kata Daniel.

Bukan cuma itu. Dari sisi finasial, induk cabor juga kudu mandiri. Alasannya, selama masa monitoring oleh KONI, FOBI dipastikan tidak akan menerima anggaran pembinaan tahunan. Buntutnya, seluruh biaya kebutuhan pembinaan atlet harus ditanggung swadaya.

“Di klub ada anggaran kas. Kita pakai itu untuk beli alat, perawatan alat, pengadaan seragam, dan pemberangkatan atlet ke luar kota. Karena belum ada anggaran pembinaan dari KONI untuk sementara ini,” sebutnya. (dit/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.