Semakin Dekat dengan Pembaca

Pesona View Pantai Pacar, dilengkapi Air Terjun Eksotis, Wisatawan Didominasi Warga Luar Kota

Tulungagung – Jika bermain di ujung selatan Tulungagung berbatasan dengan Blitar, wajib berkunjung ke Pantai Pacar. Wisata air dengan pesona laut yang cocok untuk menikmati matahari terbenam dengan suara deburan ombak.

Pantai di Desa/Kecamatan Pucanglaban ada sejak 2018 lalu, tetapi baru populer pada akhir tahun 2019. Kebanyakan wisatawan Pantai Pacar berasal dari luar kota. Mereka datang menggunakan mobil, minibus, hingga kendaraan jip untuk off-road.

Ketika akhir pekan masih ditemui puluhan pengunjung berasal dari Tulungagung dan sebagian dari luar kota. Selain menikmati suasana pantai, tentu mereka juga ingin mencoba spot foto di tangga menurun menuju ke bibir pantai. Tangga warna kuning itu telah menjadi ikon pantai tersebut sebagai spot foto.

“Saya sudah dua kali ini ke Pantai Pacar. Dulu memang akses jalannya agak sulit, alhamdulilah sekarang jalannya sudah baik dan lancar. Pantai Pacar masih asri, apalagi ada air terjun buatan di sebelah timur,” ujar wisatawan asal Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Reka Nanda Ayu, kemarin.

Dia berkunjung ke Pantai Pacar bersama teman perempuannya. Layaknya model, mereka mencari spot foto menarik untuk diunggah di media sosial (medsos). Mereka berpose di gazebo dengan memandang laut, bermain ayunan, hingga tidak lupa ke air terjun yang tingginya 3 meter tetapi airnya deras.

Mereka menempuh waktu 1 jam 2 menit dari rumahnya, tanpa hambatan apa pun. Keduanya nyaman berwisata di Pantai Pacar. Karena selain bisa menikmati wisata pantai, mereka tidak khawatir perihal kendaraanya. Lantaran terdapat petugas parkir di lokasi tersebut. “Pantai Pacar tidak luas, tapi sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pencinta alam,” terangnya.
Sementara itu, Pengelola Pantai Pacar, Sri Indah merasa bersyukur lantaran selama dua tahun ini mendapatkan kucuran dana dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Tulungagung. Karena itu, pengelola bisa membuat taman, mempaving jalan, membuat tangga, dan gazebo.

“Alhamdulilah jalan menuju ke Pantai Pacar sudah membaik. Bila ada yang rusak atau tergenang air, kami minta tolong kepada pekerja proyek jalan lintas selatan (JLS) dengan alat berat,” ujar Indah, sapaan akrabnya.
Dia melanjutkan, daya tarik utama Pantai Pacar adalah air terjun mini yang memiliki latar belakang sunset. Karena itu, ketika difoto dan diunggah di sosmed dengan dibantu salah satu influencer Tulungagung, pantai tersebut ramai. Tahun 2020, pengunjung Pantai Pacar membeludak. (jar/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.