Semakin Dekat dengan Pembaca

Progres Verfak Masih 35 Persen

KABUPATEN BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar sedang dikejar deadline. Betapa tidak, lembaga penyelenggara pemilihan ini harus melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 1.740 anggota partai calon peserta pemilu serentak 2024. Padahal, kondisi cuaca diprediksi tidak begitu bersabahat hingga beberapa pekan ke depan.

“Kami dahulukan wilayah yang aman (tidak banjir, Red),” ujar Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, kemarin (21/10).

Dia mengakui cuaca memang berpengaruh terhadap verfak keanggotaan partai ini. Sebab, proses ini harus dilakukan secara door-to-door. Kendati begitu, dia optimistis tahapan ini selesai sebelum batas waktu yang disediakan. “Deadline-nya sampai tanggal 4 November, tapi kami yakin akhir bulan ini sudah selesai,” katanya.

Kemarin (21/10) adalah hari ke empat verfak keanggotaan partai politik dilakukan. Sejuah ini masih sekitar 35 persen dari total 1.740 anggota yang harus dikunjungi.

Hadi menuturkan, secara teknis verfak ini memastikan bahwa data yang di-upload dalam sistem informasi politik (Sipol) oleh partai sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Karena itu, dalam kunjungan tersebut KPU akan mempertanyakan dokumen kependudukan serta kartu tanda anggota partai. “Selain kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, harus ada kartu anggota partai (KTA),” katanya.

Disingung hasil verfak, Hadi mengaku juga menemukan ketidaksesuian data alias tidak memenuhi syarat (TMS). Sayangnya, dia belum bisa memberikan data atau jumlah detail berapa anggota yang tidak memenuhi syarat tersebut. “Yang jelas saat ini proses verfak masih terus berjalan. Ada juga yang waktu kami kunjungi tidak ada di tempat,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa akan berkordinasi dengan liaison office (LO) partai untuk mereka yang tidak ada di tempat saat verfak. Nantinya akan dijadwalkan ulang verfak tersebut. Lokasinya akan disesuaikan. “Untuk masalah tempat seusai hasil kesepakatan KPU dan LO, bisa di kantor kami atau bisa juga di kantor partai,” terangnya. Jika hal ini masih tidak memungkinan untuk verfak, ada satu alternatif. Yakni, melalui video call.

Untuk diketahui, ada enam partai politik di Kabupaten Blitar yang lolos verifikasi perbaikan administrasi. Di antaranya, Partai Perindo, Hanura, PKN, GELORA, GARUDA, dan PBB. (hai/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.