Semakin Dekat dengan Pembaca

Puluhan Situs Resmi Milik Pemkab Trenggalek Error, Ada Apa?

TRENGGALEK – Situs resmi milik Pemkab Trenggalek mengalami error atau gangguan selama 9 jam, kemarin (7/12).

Akibatnya situs-situs vital, mulai induk pemkab hingga situs resmi organisasi perangkat daerah (OPD) tidak dapat diakses. 

Kabid Aptika Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Trenggalek Iwan Ariffianto membenarkan, gangguan situs resmi milik Pemkab Trenggalek mulai terasa pada pukul 00.30 WIB setelah ada indikasi anomali jaringan, yang mengakibatkan server tidak bisa diakses. 

“Kami mengidentifikasi ada anomali jaringan sehingga server tidak bisa diakses,” kata Iwan saat dikonfirmasi.

Iwan juga menjelaskan, anomali jaringan itu muncul dengan mendadak, Diskominfo pun tidak sempat mengumumkan maintenance seperti biasanya.

Namun begitu, lanjut Iwan, tim server dari Diskominfo Trenggalek sudah melakukan perbaikan. Sehingga situs-situs resmi pemkab bisa normal kembali. 

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek, sejumlah situs resmi milik Pemkab Trenggalek mulai bisa diakses pada pukul 10.02 WIB, kendati ada beberapa situs resmi yang masih mengalami gangguan.

“Biasanya ada maintenance rutin dan kami umumkan. Namun, ini karena keadaan mendadak gangguannya jadi belum ada pengumuman,” jelasnya. 

Dengan kasus itu, Iwan menilai langkah antisipasi agar tak terjadi hal serupa adalah mengecek kondisi server secara rutin dengan cara mengidentifikasi kendala-kendala pada situs OPD yang berada di dashboard.

“Untuk antisipasi virus menyerang server dan website kami sudah pasang firewal aplikasi dan pengamanan intern. Insiden anomali jaringan ini sebagai masukan kami untuk memantau server secara rutin agar tidak terulang lagi,” tambahnya. 

Di sisi lain saat disinggung kapasitas server, kata Iwan, kapasitas itu masih mumpuni karena kapasitas server ada 65 virtual private server (VPS).

“Server masih aman. Karena semua server milik Opd dititipkan di kami. Nanti kedepan kami akan lebih rutin untuk cek kondisi server,” ujarnya. (tra/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.