Semakin Dekat dengan Pembaca

Puncak Jowin Bawa Pengunjung Melayang Bak ke Pulau Dewata

TULUNGAGUNG – Wisata Puncak Jowin yang merupakan ikon Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, resmi dibuka pada Minggu (18/12). Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung H Gatut Sunu Wibowo SE, hadir meresmikan ikon wisata baru di Tulungagung. Oleh Wabup Tulungagung, Wisata Puncak Jowin disematkan julukan sebagai ‘Puncak Kesuksesan’ wisata pedesaan.

Dalam peresmian Wisata Puncak Jowin juga disuguhkan tari Reog Kendang sebagai pengiring dan penyambutan Wabup Tulungagung, serta suguhan tarian lainnya.

Fasilitas yang ada di Wisata Puncak Jowin antara lain, pendapa peristirahatan, toilet, taman, viewdeck, gapura, dan halaman. Yang membedakan destinasi Wisata Puncak Jowin dengan wisata lainnya adalah menonjolkan view alam yang sangat bagus. Misalnya, kabut pada saat fajar dan sunset di sore hari. Tak hanya itu, juga ada pemandangan alam barisan pegunungan dan sawah. “Saat berada di Wisata Puncak Jowin, view-nya seperti berada di Pulau Dewata-nya Tulungagung,” ujar Wabup Tulungagung H Gatut Sunu Wibowo SE.

Selain itu, Wisata Puncak Jowin juga ditunjang dengan fasilitas wisata kuliner. Untuk sementara pengelolaan kawasan wisata ini oleh Pemdes Winong diserahkan ke BUMDes. Sehingga BUMDes juga memiliki sub unit usaha wisata. Untuk tahap awal, jadwal Wisata Puncak Jowin buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 21.00. “Wisata Puncak Jowin juga didukung spot-spot selfinya, karena milenial identik dengan spot-spot selfinya,” terang Kades Winong Sutejo.

Harapannya, hadirnya Wisata Puncak Jowin bisa menumbuhkembangkan UMKM yang ada di sekitar lokasi wisata. “Selain itu, juga meningkatkan perekonomian, serta pendapatan masyarakat dan juga sebagai sumber pendapatan desa tentunya,” jelas kades 52 tahun ini.

Wabup Tulungagung berharap, adanya Wisata Puncak Jowin mata pencaharian masyarakat Desa Winong semakin berkembang dan terus naik. Semoga desa-desa yang lainnya juga mengikuti, bahwa ini adalah destinasi yang sangat bagus dan murni dari alam Kabupaten Tulungagung. “Paling bagus ya Wisata Puncak Jowin ini, walaupun masih ada beberapa aspek yang harus dibenahi, ke depannya juga ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lebih baik. Sehingga, pengunjung destinasi wisata ini merasa nyaman. Saya tidak mengira bahwa destinasi wisata alam paling bagus ya Wisata Puncak Jowin ini,” ujar Gatut Sunu Wibowo.

Sementara itu, Perum Perhutani juga ikut mengawal untuk percepatan jika ada perubahan regulasi. Jadi, kawasan hutan ini memang untuk kemakmuran. “Kami juga kasih tantangan teman-teman warga sekitar dan para pegiat wisata di Tulungagung. Kami sudah matur dengan bapak bupati dan wakil bupati, kepala dinas pariwisata, forkompimda, akan selalu mengawal kemajuan pariwisata di wilayah Kota Marmer. Dan ini salah satu buktinya,” ujar ADM Perum Perhutani Teguh Jati Waluyo.

Peresmian Wisata Puncak Jowin juga dihadiri Camat Kalidawir Drs Ali Mukhtar, ADM Perum Perhutani/KKPH Blitar Teguh Jati Waluyo, Kapolsek Kalidawir AKP Hartono SH, Danramil Kalidawir Kapten Arm Wasis Bintoro, ASPER/KBKPH Sachur Rohman, serta kepala desa se-Kecamatan Kalidawir. (rin/ynu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.