Semakin Dekat dengan Pembaca

Purnawiyata SMK PGRI 1 Tulungagung Berlangsung Meriah, 292 Siswa Lulus 100 Persen

TULUNGAGUNG – Keceriaan terpancar dari wajah seluruh siswa-siswi kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung. Yakni pada acara Purnawiyata ke-36 SMK PGRI 1 Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022 yang berlangsung di Lojikka Hotel, Sabtu (4/6) kemarin. Sebanyak 292 dari empat kompetensi keahlian telah dinyatakan lulus seratus persen. Di antaranya, Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), serta Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM).

Pada purnawiyata kali ini, selain dihadiri para wali murid, juga turut hadir beberapa tamu undangan lainnya. Di antaranya, perwakilan Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Pendidikan Dasar dan Menengah (Dasmen) PGRI Jawa Timur Kabupaten Tulungagung Muyanto MPd, serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung yang diwakili Koordinator Pengawas dan Pengawas Pembina. Tidak ketinggalan, alumni SMK PGRI 1 Tulungagung, yaitu anggota DPRD Kabupaten Tulungagung yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung Hj Susilowati SE, serta satu lagi Afrullia Nur Azizah SPdI yang kini menjadi guru pengajar di salah satu SMA negeri di Tulungagung.

Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Tulungagung Sumarsono SE SPd, dalam kesempatan ini mengatakan jika kelulusan ini bukanlah pencapaian akhir. Melainkan, ini sebuah langkah awal para siswa untuk lebih kreatif dan bisa bersaing di masyarakat, serta menjadi orang lebih baik di masa depan. “Harapan kami, apa yang didapat di bangku sekolah selama tiga tahun ini dapat memberi manfaat di kemudian hari,” tuturnya.

Lebih lanjut, purnawiyata ini merupakan wadah kreativitas bagi siswa untuk menampilkan kemampuan ekstrakurikuler mereka. Dengan dmeikian, apa yang selama ini diikuti di sekolah bisa ditampilkan. Mulai dari tari gambyong, tari remo, reog kendang, musik, monolog, dan masih banyak lagi. “Sehingga ke depannya, siswa bisa lebih berkembang dan kreatif,” imbuhnya.

Sumarsono juga berpesan kepada siswanya, setelah lulus dari SMK PGRI 1 Tulungagung, nantinya bisa selalu menjaga nama baik sekolah, diri sendiri, dan orang tua. “Dan apa yang sudah diperoleh di SMK PGRI 1 Tulungagung bisa diabdikan di masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Susilowati sebagai alumni SMK PGRI 1 Tulungagung angkatan 992 mengatakan jika sekolah kejuruan itu tidak harus di negeri. Karena kesempatan sukses itu bisa didapat oleh semua orang. SMK PGRI 1 Tulungagung telah membuktikan itu dan sudah banyak alumni SMK PGRI 1 Tulungagung yang sukses. Oleh karena itu, Susilowati berpesan kepada siswa yang lulus supaya bangga dengan almamater, serta kelulusan ini bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi awal dari perjalanan yang panjang untuk menuju sukses. Para siswa harus terus berinovasi dan kreatif sehingga bisa berguna bagi diri sendiri, masyarakat, dan negara. “Saya ucapkan selamat kepada adik-adik semua, semoga sukses ke depannya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK PGRI 1 Tulungagung masih dibuka sampai bulan Juli mendatang. Oleh karena itu, bagi orang tua maupun lulusan SMP yang bingung mencari sekolah kejuruan bisa langsung daftar ke SMK PGRI 1 Tulungagung yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman VII/1, Kelurahan Kepatihan, Tulungagung. Telp (0355) 322149. Atau melalui online https://bit.ly./PPDBsmkpgri1ta2022. Untuk informasi lainnya bisa mengunjungi situs web www.smkpgri1tulungagung.sch.id. (yos/adv/c1/rka)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.