Semakin Dekat dengan Pembaca

Rakernas Mabin Pusat TPQ An-Nahdliyah, Merajut Kebersamaan dan Inovasi TPQ

TULUNGAGUNG – Selama dua hari, pada 10-11 Desember 2022, Gedung PC NU Tulungagung yang berlokasi di Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, terlihat ramai. Itu karena Majelis Pembina (MABIN) Pusat TPQ An-Nahdliyah menggelar rapat kerja nasional (rakernas).

Rakernas tahun ini bertemakan “Merajut Kebersamaan dan Inovasi tentang Taman Pendidikan Alquran (TPQ)”. Kegiatan ini dihadiri seluruh perwakilan MABIN TPQ An-Nahdliyah se-Indonesia, jajaran Pengurus PC NU Tulungagung, serta dihadiri pula oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo SE.

Kegiatan ini merupakan bagian dari MABIN TPQ An-Nahdliyah yang terus berupaya maju dan melihat berbagai problematika yang ada pada TPQ. Termasuk juga memberikan metode pembelajaran yang mutakhir terkait cepat tanggap anak belajar baca tulis Alquran.

Ketua MABIN Pusat TPQ An-Nahdliyah KH Kozin menjelaskan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi MABIN dan wadah untuk evaluasi metode TPQ agar menjadi lebih bagus. Metode An-Nahdliyah merupakan metode pembelajaran baca tulis Alquran yang terlahir di era tahun 90-an.

“Metode ini adalah kearifan lokal Tulungagung yang terbukti dapat menjadi metode yang cepat dan efektif dalam mengajarkan baca tulis Alquran. Apalagi, metode ini tidak hanya berkembang di Indonesia, tetapi telah dibawa sampai luar negeri yaitu Hongkong. Tentu terus ada perkembangan agar lebih baik, contohnya diterbitkannya inovasi alat peraga, dan lain-lain,” ujar KH Kozin.

Dalam Rakernas MABIN TPQ An-Nahdliyah ini juga turut diterbitkan Alquran An-Nahdliyah yang merupakan inovasi untuk dapat menunjang kegiatan pendidikan di TPQ.

Tak hanya itu, MABIN Pusat TPQ An-Nahdliyah juga mencetuskan gagasan adanya diklat untuk guru TPQ. Hal ini ditujukan agar para guru TPQ An-Nahdliyah menguasai berbagai macam ilmu pendidikan. “Dan juga termasuk pendidikan karakter serta menguasai materi pembelajaran Alquran yang kemudian dapat menjadi standar pendidikan dalam TPQ An-Nahdliyah,” terangnya.

Dilaksanakannya program diklat dan pembinaan oleh MABIN TPQ An-Nahdliyah, tentu merupakan langkah baik dan akan mendorong sistem pendidikan baca Alquran di seluruh TPQ An-Nahdliyah dan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan LP Maarif menjadi lebih maju dan bermutu.

“Ini sebagai langkah agar santri-santri An-Nahdliyah semakin cepat menguasai metode baca tulis Alquran ini, khususnya di Tulungagung. Serta para tenaga pendidik juga dapat memiliki bekal dalam menguasai metode baca tulis Alquran dan ilmu pendidikan lainnya,” jelas KH Kozin.

Selain itu, Koordinator SMK NU Tulungagung Bidang Kesehatan Deny Triana Yanuarsa mengatakan turut mendukung penuh dalam menerapkan metode ini. “SMK NU Tulungagung juga menerapkan metode ini untuk siswa, baik untuk pembinaan karakter maupun sebagai metode cepat baca tulis Alquran,” katanya.

Dia pun tak lupa untuk mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya rakernas ini. “Semoga apa yang ditargetkan dan dicita-citakan pada rakernas kali ini dapat terwujud dan sukses,” pungkasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.