Semakin Dekat dengan Pembaca

Rasio Pengaruhi Kualitas dan Rasa Kopi

Ngopi, kini tidak hanya istilah untuk menikmati minuman. Sebaliknya, aktivitas tersebut sudah mendekati tren gaya hidup. Harganya pun bervarisi. Mulai dari ribuan hingga ratusan ribu tergantung kualitas kopi yang disajikan.

Saat ini banyak kios atau kafe yang menggunakan sarana dan teknik tertentu untuk mendapatkan minuman kopi dengan kualitas terbaik. Tentunya, proses mencapai itu tidak sederhana. “ Ya, ada tahapan dan istilah dalam membuat kopi,” ujar Yudistira, barista asal Surabaya, beberapa hari lalu.

Menurutnya, untuk mendapatkan minuman kopi dengan kualitas terbaik, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Di antaranya, kualitas bahan baku serta komposisi air dan kopi.

Kualitas biji kopi tentu menjadi urutan pertama. Berikutnya, rasio yang tepat antara kopi dan air. Terlalu sedikit air, tentu rasa yang muncul terlalu kuat. Sebaliknya, jika terlalu banyak air hampir dipastikan rasanya hambar.

 

(Dok. AGUS MUHAIMIN/ RADAR BLITAR)

 

Menurut Yudistira, selera masyakat pencinta kopi biasanya berkisar di rasio 1:10 sampai 1:20. Artinya, setiap 1 gram kopi diseduh dengan 10 atau 20 gram air mendidih. Semakin kecil rasio atau air yang digunakan, rasa yang dihasilnya semakin kuat.

Jika mengacu pada Specialty Coffee Association of America (SCCA), ada istilah golden rasio atau komposisi paling tepat untuk menikmati kopi. Yakni pada rasio 1:18. Konon, kopi yang diseduh dengan rasio tersebut bisa menghasilkan kopi yang mellow, rounded cup dengan acidity yang lembut. “Tapi ya selera orang berbeda-beda,” katanya.

Selain rasio, media yang digunakan untuk menyajikan kopi juga penting. Sebab, cangkir yang dingin akan memengaruhi kualias ekstraksi kopi. Untuk itu, perlu disesuaikan suhu cangkir yang digunakan untuk menyajikan kopi. “Ini juga bermanfaat untuk sterilirisasi,” imbuhnya.

Hal lain yang juga diperhatikan untuk mendapatkan kopi dengan kualitas terbaik adalah blooming. Tujuannya adalah mengeluarkan karbondioksida yang terjebak saat proses sangrai biji kopi. “Secara sederhana, blooming ini adalah penguapan. Ini penting untuk menghilangkan rasa asam yang tidak diinginkan,”tuturnya. (hai/c1/sub)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.