Semakin Dekat dengan Pembaca

Ratusan Pegawai di Blitar Pensiun pada 2023

KOTA BLITAR – Jumlah pegawai Kota Blitar yang pensiun tahun depan mencapai 134 orang. Mayoritas berasal dari tenaga pendidik alias guru.

Beberapa di antaranya adalah kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Kota Blitar, Kusno. “Dari sejumlah yang pensiun tersebut, beberapa di antaranya ada dari jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT). Namun, waktu pensiun mereka berbeda-beda,” terangnya kepada Koran ini, kemarin (30/12).

Adapun beberapa kepala OPD yang purna tahun depan atau 2023, yakni dari M Muhson (kepala dinas kependudukan dan pencacatan sipil), Rodiyah (kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian), dan Suyoto (inspektur daerah). Mereka pensiun di bulan yang berbeda pada 2023. ”Nah, untuk pengisian jabatan kepala OPD yang kosong nantinya, ada mekanisme tersendiri sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Mekanisme yang dimaksud yaitu dengan menggelar seleksi JPT terbuka. Karena bersifat terbuka, seleksi itu bisa diikuti oleh pegawai Kota Blitar maupun luar kota. Yang penting, pelamar atau pendaftar telah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh aturan perundang-undangan.

BKPSDM belum bisa memastikan kapan seleksi terbuka itu dilaksanakan. Sebab, BKPSDM juga membutuhkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk bisa melaksanakan seleksi. “Sesuai prosedur, nanti kami meminta rekomendasi dari KASN seperti pelaksanaan seleksi sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa hari lalu BKPSDM kembali melakukan penyegaran terhadap struktur kepegawaian di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Ada sebanyak 42 pegawai yang dilantik setelah menduduki jabatan yang baru. Sejumlah pegawai itu meliputi 1 pegawai JPT, 11 administrator, 11 pengawas, dan 13 pegawai hasil penyetaraan jabatan fungsional, serta 6 kepala sekolah.

Hingga kini, pemkot masih menyisakan beberapa kursi jabatan kepala OPD yang kosong. Ada dua jabatan kepala OPD yang saat ini masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Yakni, satpol PP dan dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk, dan keluarga berencana (DP3AP2KB). Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar dijabat Ronny Yoza Pasalbesy dan Plt Kepala DP3AP2KB Kota Blitar dijabat Mokhammad Sidik. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.