Semakin Dekat dengan Pembaca

Ratusan Pegawai Kabupaten Blitar Dimutasi, Muncul Isu Miring ?

KABUPATEN BLITAR – Hari pertama kerja di 2023 menjadi momen menegangkan bagi para pegawai di Bumi Penataran. Mutasi pegawai besar-besaran dilakukan pemerintah daerah, kemarin(2/1). Sayang, pergeseran pegawai ini diiringi dengan isu miring, kurang cermatnya tim penilai kinerja (TPK) dalam menempatkan personel.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran ini, ada seorang staf di Kecamatan Wlingi yang kini sudah pensiun. Namun, yang bersangkutan masih dilantik atau masuk dalam daftar mutasi pegawai ini. “Ada yang sudah purnatugas, tapi kok masih menempati posisi,” ujar seorang sumber yang enggan disebut namanya.

Ada sekitar 640 pegawai yang mengikuti rangkaian mutasi ini. Namun, tidak semua pegawai digeser atau menempati posisi baru. Mayoritas dilantik karena ada perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) baru di lingkungan pemerintahan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Hari Purnomo memastikan tidak ada pegawai purnatugas yang masuk daftar mutasi pegawai ini. Namun, pihaknya tidak memungkiri ada banyak pegawai yang sebentar lagi pensiun dan masuk dalam gerbong pergeseran pegawai tersebut. “Seperti saya, bulan depan saya sudah pensiun, tapi ya tetap masuk dalam daftar mutasi,” ujarnya kepada Koran ini.

Menurutnya, kursi jabatan pemerintahan tidak boleh dibiarkan kosong. Minimal harus ada pegawai yang mengisi kursi kosong untuk sementara waktu karena pejabat lama purnatugas. “Kalau dibiarkan kosong, justru itu kesalahan besar,” tegas dia.

Selain isu pegawai pensiun, juga beredar kabar mengenai penempatan pegawai yang kurang tepat. Misalnya, pegawai dengan kinerja kurang optimal tetapi malah dipromosikan untuk jabatan tertentu.

Terkait hal ini, Hari mengatakan, mutasi dan promosi pegawai bukan menjadi kewenangan mutlak BKPSDM. Sebaliknya, ada tim khusus yang selama ini memantau kinerja pegawai. Yakni, tim penilai kinerja (TPK) aparatur sipil negara (ASN) yang diketuai oleh sekretaris daerah. “Menurut kami, semua pegawai yang dilantik hari ini tentunya sudah melalui pertimbangan dari tim atau TPK. Kalau dulu namanya badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat),” tandasnya. (hai/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.