Semakin Dekat dengan Pembaca

Ratusan Pelamar Berebut 77 Kursi Nakes

KOTA BLITAR – Tahapan demi tahapan seleksi perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) terus berlanjut. Kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar telah mengumumkan hasil penilaian tes tulis untuk formasi tenaga kesehatan (nakes).

Meski begitu, masih ada tahapan berikutnya, yakni penilaian akhir dari panitia seleksi nasional (panselnas). Termasuk penilaian afirmasi. ”Kami masih menunggu hasil pengolahan nilai dari panselnas. Jadi, pengumuman kelulusan belum ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Blitar Kusno kepada Koran ini, kemarin (28/12).

Dengan begitu, jelas dia, BKPSDM belum bisa menyampaikan jumlah pelamar yang lolos seleksi. Sebab, penilaian akhir ada pada panselnas atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Pemerintah daerah (pemda) hanya berwenang mengumumkan hasil akhirnya.

Sebelumnya, pada 16 Desember lalu, sebanyak 206 pelamar mengikuti seleksi kompetensi. Seleksi dilakukan dengan ujian tes tulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). CAT tersebut dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Malang.

Untuk formasi nakes, Kota Blitar mendapat jatah sebanyak 77 kursi. Dengan begitu, sebanyak 206 pelamar akan memperebutkan 77 kursi tersebut. Kursi itu di antaranya untuk bagian perawat, bidan, perekam medis, sanitarian, hingga apoteker.

Sementara itu, pemerintah telah membuka pendaftaran pada 21 Desember hingga 6 Januari 2023 untuk formasi teknis. Selama itu, pansel melakukan seleksi administrasi. Hasilnya diumumkan pada 12-15 Januari 2023.

Sama seperti tahapan seleksi formasi lainnya, ada tahap masa sanggah. Bagi pelamar yang merasa kurang puas dengan hasil seleksi administrasi bisa menyanggah. Setelah itu, tahapan seleksi kompetensi dilaksanakan pada 10 Maret.

Sebelumnya, Kota Blitar mendapatkan kuota formasi PPPK sebanyak 228 kursi. Perinciannya, guru sebanyak 119 kursi, nakes 77 kursi, dan tenaga teknis 32 kursi. Pemkot berharap sejumlah kursi yang dibutuhkan itu bisa terisi semua. (sub/c1)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.