Semakin Dekat dengan Pembaca

Rawan Gesekan, Pesilat Trenggalek Haruskan Kumpul

KOTA, Radar Trenggalek – Para pengurus organisasi pencak silat di Bumi Menak Sopal tampaknya harus sering ngopi bareng. Pasalnya, tidak sedikit oknum anggota mereka terjadi gesekan dan berbuntut ke meja hijau. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino.

Menurut dia, secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di Trenggalek relatif aman. Namun dari itu semua yang menjadi perhatian serius adalah gesekan antar oknum anggota organisasi pencak silat. Sebab pada tahun kemarin (2022 – red) beberapa kali pertikaian yang melibatkan oknum anggota tersebut yang ditangani pihak kepolisian. “Karena itu pada awal 2023 ini kami mengambil langkah untuk mengantisipasi gesekan yang mungkin terjadi itu,” katanya.

Dia melanjutkan, karena itu dalam suatu kesempatan polisi telah mengumpulkan para perwalian organisasi pencak silat. Dari situ mereka sharing terkait permasalahan yang biasanya terjadi dan bisa memicu gesekan. Selain itu mereka juga diminta komitmen untuk selalu menjaga perdamaian dan siap mewujudkan Kamtibmas yang kondusif. “Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa hari belakangan ini banyak terjadi gesekan antar perguruan pencak silat di berbagai daerah, karena itu kami ingin hal serupa tidak terjadi di sini (Trenggalek – red),” ungkapnya.

Itu terjadi sebab kehadiran pesilat di tengah masyarakat seharusnya membawa rasa aman dan damai bukan malah membikin keonaran hingga meresahkan masyarakat. Sehingga diharapkan dengan menggelar pertemuan bersama secara rutin para pendekar silat tetap solid dan tetap berada dalam marwahnya. “Semoga saja dengan ini ke depan tidak ada perselisihan yang melibatkan anggota suatu organisasi pencak silat lagi,” jelasnya.

Senada, ditambahkan Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara. Dia menambahkan, pertikaian yang terjadi dan melibatkan anggota perguruan silat juga yang terjadi di berbagai wilayah lain  bisa menjadi pelajaran sangat berharga. Sehingga hal tersebut perlu diantisipasi agar tidak terjadi Trenggalek. Sebab jika sampai terjadi pastinya banyak sekali kerugian yang didapat baik itu dari segi material dan imaterial. “Karena itu kami percaya dengan kesolidan dan berkontribusi menjaga situasi Trenggalek tetap aman dan kondusif pertikaian yang melibatkan anggota organisasi pencak silat bisa dicegah,” imbuhnya. (jaz/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.