Semakin Dekat dengan Pembaca

Realisasi Investasi di Kota Blitar Capai Rp 323,4 Miliar

KOTA BLITAR – Potensi investasi di Kota Blitar cukup besar. Buktinya, capaian realisasi investasi pada tahun lalu meningkat hingga dua kali lipat dari target.

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Blitar, capaian atau realisasi investasi pada 2022 mencapai Rp 323, 4 miliar. Nilai tersebut melampaui target investasi yang ditentukan yakni Rp 167,2 miliar. Terlampauinya target tersebut karena semakin banyak pelaku usaha yang tertib melaporkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM).

Kepala DPMPTSP Kota Blitar Heru Eko Pramono menyatakan, realisasi investasi tahun lalu lumayan besar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu atau 2022, nilainya mencapai dua kali lipat dari target. ”Sedangkan tahun sebelumnya, realisasinya melampui tetapi tidak sampai dua kali lipat,” terangnya kepada Koran ini, kemarin (10/1).

Tingginya capaian investasi tersebut, menurut Heru, karena pelaku usaha sudah mulai tertib melaporkan LKPM. Khususnya, pelaku usaha dari sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selama ini, sektor tersebut mendominasi capaian investasi di Kota Blitar. “Sebelumnya, sektor UMKM tidak masuk pendataaan LKPM. Karena sektor ini berpotensi besar, mulai 2022 kami masukkan pendataan,” ungkapnya.

Menurutnya, pertumbuhan sektor UMKM dalam beberapa tahun terakhir makin pesat. Itu termasuk makin menjamurnya restoran serta kafe di Kota Blitar. Meskipun semuanya belum masuk pendataan DPMPTSP.

DPMPTSP, lanjut dia, berupaya untuk mendata keberadaan kafe di Kota Blitar. Terutama kafe maupun restoran yang baru berdiri. Data tersebut akan dimasukkan ke data wajib lapor LKPM. “Kami setiap tiga bulan sekali terus memperbarui data. Mudah-mudahan pendataan ini mampu meningkatkan capaian investasi,” ujar pria ramah ini.

Dia berharap pada 2023 ini investasi di Kota Blitar mencapai target. Bahkan, bisa melampuai target yang sudah ditentukan. Pada 2023, DPMPTSP mematok target investasi Rp 167,8 miliar. Dinas menargetkan ada kenaikan target setiap tahunnya. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.