Semakin Dekat dengan Pembaca

RS Syuhada Haji Peringati Hari Santri Nasional Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

KOTA BLITAR – Keluarga besar RS Syuhada Haji beserta Yayasan Syuha­da Haji memperingati Hari Santri Nasional 2022, kemarin (21/10). Yakni, dengan menggelar upcara dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Blitar dan umum.

FOTO-FOTO: BUDIONO, FARREL/ RADAR BLITAR
KOMPAK: Keluarga besar RS Syuhada Haji, yayasan Syuhada Haji, tokoh ulama, dan muslimat NU Kota Blitar, saat upacara memperingati Hari Santri Nasional.
BERKOMPETEN: dr Affa Kisya Waafi Sp PD, menyampaikan materi tentang diabetes dan komplikasi gagal ginjal di aula Maskeliya lantai tiga rumah sakit Syuhada Haji.

Kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah tamu penting. Di antaranya, Ketua Suriyah NU Kota Blitar KH Muhtar Lubby, Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Kota Blitar H Rusdi Riyanto, ketua Muslimat NU Kota Blitar beserta jajaran, ketua tanfidiah, dan para kiai.

Dalam momen tersebut, Pembina Yayasan Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar, DR Zen Amiruddin, mengajak masyarakat selalu mengenang serta mendoakan para ulama dan santri atas perannya dalam mendirikan negara. “Para ulama dan para Santri sangat berperan dalam mendirikan bangsa ini. Fouding father negara ini kebanyakan dari kalangan santri dan ulama,” ujarnya.

“Bahkan, Pancasila sebagai enzimnya, berdasarkan persetujuan para ulama untuk itu, kita harus selalu mendoakan para santri dan ulama mendapatkan surga-Nya,” imbuh Zen Amiruddin.
Hal lain yang tak kalah penting yakni pelayanan kesehatan. Terkait hal tersebut, Direktur RS Syuhada Haji, dr Mafrurrochim Hasyim mengatakan, edukasi kepada masyarakat tentang pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) penting dilakukan. Itu agar masya­rakat bisa menjaga kesehatannya. Begitu juga dengan dokumen terkait JKN. Dengan begitu, JKN bisa terlaksana dengan benar dan efisien. “Selama ini orang-orang banyak datang tiba-tiba minta general checkup. Seharusnya, selama tidak ada indikasi (kurang sehat), tidak perlu general checkup,” katanya.

SEHAT: Ibu-ibu muslimat NU Kota Blitar mengikuti pemeriksaan kesehatan di RS Syuhada Haji Blitar.
ANTUSIAS: dr Umro’atun Hillaliyah (dr Umi) menyampaikan manfaat BPJS Kesehatan dan pelayanan di RS Syuhada Haji.
SEMANGAT: Direktur RS Syuhada Haji, dr Mafrurrochim Hasyim, menyampaikan pentingnya JKN dan mendorong pemanfaatannya secara maksimal.

Setelah upacara, para muslimat NU dan umum mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis. Itu dilaksanakan di Aula Maskeliya lantai tiga. Mereka terlihat antusias lantaran pelayanan yang diberikan cukup beragam. Beberapa di antaranya, pemerik­saan tekanan darah, kadar gula dalam tubuh dan lainnya. Semua ditangani oleh tenaga medis profesional. Termasuk ada dokter umum dan dokter gigi.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, juga ada paparan tentang manfaat BPJS Kesehatan. Itu disampaikan dr Umro’atun Hillaliyah, atau yang akrab disapa dr Umi. Pemateri lain yakni dr Affa Kisya Waafi SpPD. Dia menyampaikan terkait diabetes dan komplikasi gagal ginjal. Para peserta juga tak segan bertanya dengan narasumber. Dengan begitu, mereka bisa menambah wawasan tentang dunia kesehatan. (bud/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.