Semakin Dekat dengan Pembaca

RSUD dr Iskak Tulungagung Tuai TOP DIGITAL Awards 2022

JAKARTA -RSUD dr Iskak Tulungagung menuai TOP DIGITAL Implementation 2022 #Stars 5, diikuti TOP Leader on Digital Implementation 2022 (TOP CIO (Chief Information Officer), yang dianugerahkan kepada Direktur RSUD dr Iskak, dr Supriyanto Dharmoredjo SpB FINACS M Kes dalam acara puncak TOP DIGITAL Awards 2022, di Jakarta, Kamis (15/12).

tulungagung, radar tulungagung, rsud dr iskak tulungagung, prestasi rsud dr iskak, mas dokter, TOP DIGITAL AWARDS 2022,(HUMAS RSUD DR ISKAK FOR RATU)

Kemampuan manajemen dan staf karyawan dalam mengimplementasikan sistem teknologi informasi/digital diapresiasi lantaran keberhasilan mengaplikasikan sistem digitalisasi dalam manajemen rumah sakit. Dengan begitu, organisasi rumah sakit menjadi efisien, efektif, dan akuntabel. Outcome-nya adalah terjaminnya aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat/pasien.

Atas pencapaian penghargaan tersebut, manajemen RSUD dr Iskak Tulungagung menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya. Dengan begitu menjadikan momentum ini sebagai batu pijakan untuk lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan inovasi teknologi digital, untuk lebih menyempurnakan layanan kepada masyarakat sekaligus menjawab kebutuhan pasien dan tantangan zaman.

Ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) & Solusi Digital terbesar tingkat nasional yang dihelat majalah It Works, bekerja sama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia yang dihadiri sejumlah pimpinan dan pejabat kementerian/lembaga, kepala pemerintahan provinsi dan daerah/kota, jajaran direksi dan komisaris, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan dan organisasi.

Kadiv TI sekaligus Subkoordinator Analisis dan Monitoring Pelayanan RSUD dr Iskak Tulungagung, Eko Susanto, ketika sesi penjurian TOP DIGITAL Awards 2022 menyatakan bahwa RSUD dr Iskak Tulungagung menjalankan transformasi digital sistem informasi manajemen rumah sakit. Itu untuk lebih memudahkan pasien mendapatkan layanan kesehatan dengan dukungan otomatisasi TIK.

Dia menyatakan terkait dengan rencana transformasi digital di RSUD dr Iskak Tulungagung, Jawa Timur. “Secara umum, transformasi digital di RSUD dr Iskak Tulungagung tertuang salam Peta Jalan Transformasi Digital Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Manajer IT sekaligus Wakil Direktur Pelayanan dr Zuhrotul Aini SpA menjelaskan, RSUD dr Iskak Tulungagung mempunyai IT Masterplan yang telah dimulai sejak tahun 2013. Dengan pengembangan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) yang parsial, kemudian disatukan dan dilanjutkan pada 2014 dengan mengembangkan public safety center (PSC-119).

Kemudian, lanjut dr Zuhrotul, sampai dengan 2021 pihaknya telah merencanakan EMR (e-Medical Record). Ke depannya, RSUD tentu saja akan mengembangkan bagaimana EMR ini akan memberikan suatu big data sehingga dapat memberikan wawasan mengenai perencanaan layanan kesehatan.

“Kami sekarang terus melakukan transformasi. Jadi, pengembangan pelayanan continuous improvement-nya itu, kami dapatkan dari data-data yang masuk di SIMRS yang akan kami kembangkan,” ungkapnya.

RSUD dr Iskak Tulungagung menerima langsung penghargaan TOP DIGITAL Awards 2022 yang memiliki tema The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government. Pasalnya, institusi mampu membuktikan bahwa inovasi, kreativitas, dan terobosan digital yang dilakukan telah berdampak signifikan. Baik di internal institusi itu sendiri maupun hubungan eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Secara umum, di tahun ketiga pandemi Covid-19 ini, kreativitas dan inovasi, serta antusiasme peserta baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga pemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis teknologi digital terus mengalami peningkatan. Bahkan sejak pandemi Covid-19, transformasi digital mengalami lompatan strategis atau Hospital Without Walls, yaitu praktik perumahsakitan berbasis telemedicine.

Di institusi pemerintahan/lembaga departemen maupun non-departemen, inovasi digital terutama sebagai upaya peningkatan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta implementasi dan pengembangan konsep smart city (kota cerdas). Terkait SPBE, hal ini selaras dengan arah kebijakan nasional terkait arsitektur dan peta rencana SPBE yang diharapkan makin terpadu secara nasional. Kebijakan ini antara lain telah dituangkan melalui Surat Edaran Menteri PANRB No. 18/2022 tentang Keterpaduan Layanan Digital Nasional Melalui Penerapan Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE.

Adapun implementasi smart city, terkait adanya program pemerintah yakni Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi. Khusus untuk Tulungagung, bahkan sudah lebih maju yaitu smart safe city (distric). (hum/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.