Semakin Dekat dengan Pembaca

Sampah Sumbat Saluran Drainase

KOTA BLITAR – Persoalan sampah yang menyumbat saluran drainase selalu muncul ketika musim hujan tiba. Dampaknya, ruas jalan tergenang air dan mengganggu pengguna jalan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar sudah beberapa kali menemui saluran drainase yang tersumbat sampah di sejumlah titik. Sebagian merupakan laporan dari masyarakat. Sampah yang menyumbat bukan main. Tidak hanya sampah rumah tangga, tetapi juga sampah kayu, guling, sampai boneka.

“Monggo masyarakat sama-sama minta kesadarannya. Ruas jalan yang banjir itu karena saluran mampet, terutama karena sampah,” kata Ketua Komisi 3 DPRD Kota Blitar Bayu Setyo Kuncoro, kemarin (5/10).

Nah, ketika legislatif mendapat laporan dari masyarakat ada banjir menggenangi ruas jalan, komisi 3 tak ingin buru-buru menyalahkan bangunan saluran drainase yang buruk. Komisi pun harus turun ke lokasi untuk memastikan penyebab banjir. “Biasanya kami cek bersama-sama dengan instansi terkait. Baik dari dinas PUPR dan dinas lingkungan hidup (DLH). Kami pastikan penyebabnya apa,” ujar politikus PDIP itu.

Dengan turun mengecek bersama, semua akan tahu secara langsung permasalahan di lapangan. Dengan begitu, semua instansi bisa saling bersinergi satu sama lain untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Jika memang masalah utama adalah sampah, komisi 3 meminta masyarakat untuk tertib dalam membuang sampah. Tidak membuangnya ke saluran yang berpotensi menyumbat saluran.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Blitar, Joko Pratomo, mengungkapkan bakal lebih rutin memonitor saluran di Kota Blitar saat musim hujan. Masyarakat juga diminta untuk laporan jika menemukan banjir di ruas jalan.

Namun, di sisi lain, dinas juga minim SDM untuk terjun memonitor saluran di seluruh kota rutin setiap hari. Meski begitu, dinas tetap memaksimalkan tenaga yang ada. “Tenaga kami terbatas, Mas. Kami nggak bisa untuk memonitor sehari penuh sampai pagi hingga malam,” katanya. (sub/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.