Semakin Dekat dengan Pembaca

SD Islam Al Azhaar Gelar Refleksi Akhir Semester hingga Pengambilan Rapor

Tulungagung – Akhir pekan lalu, Lembaga Pendidikan Islam (LPI) SD Islam Al-Azhaar di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru, ada banyak agenda. Setelah unjuk karya siswa pada Kamis (15/12), Jumat (16/12) lalu ada agenda refleksi, perilisan buku kendali santri, dan pengambilan rapor murid. Bertempat di aula sekolah, kegiatan refleksi dimulai pukul 08.00 sampai 10.00, yang dihadiri seluruh murid kelas I, II, dan III. Totalnya sebanyak 350 murid bersama orang tuanya. Selanjutnya, mulai Sabtu (17/12), agenda sekolah sudah mulai libur.

Tuti Haryati MPd selaku Kepala SD Islam Al-Azhaar menerangkan, kegiatan ini seperti mengkaji ulang tentang apa yang sudah dikerjakan selama satu semester. Selain itu juga dipaparkan kegiatan apa saja yang dilaksanakan di waktu mendatang. Momen ini disampaikan langsung ke para wali murid. “Jadi, ini kegiatan rutin sebelum pengambilan rapor. Kami selalu memaparkan seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan. Diharapkan semua wali murid selalu men-support anaknya dalam kegiatan sekolah,” ujarnya.

Di sela-sela penyampaian materi ke wali murid, Tuti Haryati MPd juga memperkenalkan buku kendali santri. Buku ini berisi tentang peraturan sekolah, ketertiban, hingga prestasi anak. Selain itu, juga launching perubahan visi misi dengan menambahkan “Ramah kepada Semuanya” dan mengusung program pendidikan inklusi, sekolah ramah anak, serta kurikulum merdeka.

Setelah penyampaian materi, para murid dan wali murid memasuki kelas untuk melaksanakan Student Led Conference (SLC). Jadi, SLC ini adalah metode baru di SD Islam Al-Azhaar. Yakni, pada saat pengambilan rapor, sebelum rapor diterima wali murid, para murid harus mempresentasikan semua kegiatan atau menunjukkan hasilnya selama satu semester lewat media portofolio kepada orang tuanya.

SLC ini adalah model inovasi baru. Jadi, orang tua tidak hanya mengambil rapor terus pulang, tetapi harus melihat presentasi anak selama pembelajaran satu semester yang diperlihatkan langsung di depan orang tuanya. Harapannya, orang tua juga bisa menilai seberapa jauh anaknya berkembang. (rif/c1/ynu)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.