Semakin Dekat dengan Pembaca

Segera Tindaklanjuti Hasil Vermin

KABUPATEN BLITAR – Meski keputusan peserta pemilu ada di pusat, bukan berarti pengurus partai politik (parpol) di daerah bersantai. Sebab, beberapa hari kedepan akan dilakukan pengecekan data-data anggota parpol yang belum memenuhi syarat.

Diketahui dari hasil verifikasi administrasi (vermin) keanggotaan partai calon peserta pemilu 2024 ditemukan banyak data ganda. Baik ganda eksternal maupun identik. Diprediksi jumlahnya mencapai ribuan. Sebab, nyaris tiap data anggota yang diunggah partai dalam sistem informasi partai politik (sipol) ditemukan data yang tidak memenuhi syarat atau belum memenuhi syarat, lantaran juga terdata sebagai anggota partai lain.

Yang cukup rentan dalam fenomena data ganda ini adalah partai yang mengupload data anggotanya mepet dengan batas minimal anggota di daerah. Sebab, dipastikan mereka bakal sibuk memasukan atau mencari anggota baru untuk memenuhi syarat keanggotaan ini. Kecuali, memiliki dokumen pendukung seperti surat pernyataan dari anggota yang bersangkutan. “Kami optimistis tidak ada masalah dalam proses vermin ini,” kata Ketua DPC PPP Kabupaten Blitar Abdul Aziz.

Dia mengaku, jumlah anggota partai yang diunggah dalam sipol melebihi peryaratan. Untuk itu, pihaknya memilih fokus pada pemenangan pemilu 2024. Salah satunya dengan membuat beberapa program dan kegiatan untuk menarik simpati masyarakat. “Kalau tidak salah ada sekitar 2.600 anggota yang kemarin diunggah, itu juga melalui proses screening dipengurus ranting,” katanya.

Kondisi berbeda dialami partai baru calon peserta pemilu. Sebagai pendatang baru lebih ngoyo untuk meminimalisir potensi tidak lolos sebagai peserta pemilu 2024 harus dilakukan. “Kami masih fokus pada perbaikan data,” ujar salah seorang Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia Kabupaten Blitar, Agung.

Tampaknya belum semua partai memiliki informasi mengenai tahapan vermin ini. Padahal, sejatinya dokumen yang kurang sempurna tersebut bisa segera dilakukan pembenahan atau pelengkapan. “Kami masih menunggu informasi,” ujar salah seorang pengurus partai anyar.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa menegaskan, hasil vermin yang dilakukan penyelenggara pemilu ini sudah bisa ditindaklanjuti. Sebab, ketika dilakukan penilaian terhadap data tersebut secara otomatis juga terkoneksi dengan sipol partai. “Kami targetkan vermin ini rampung sebelum tanggal 26 Agustus, setelah itu kami lakukan pengecekan data keanggotaan partai lagi yang sebelumnya belum memenuhi syarat,” tandasnya. (hai/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.