Semakin Dekat dengan Pembaca

Segini Jumlah Penerima Rastrada tahap Dua

KOTA BLITAR – Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) kembali disalurkan, kemarin (2/8). Kali ini untuk penyaluran tahap kedua. Namun, jumlah sasaran penerima menyusut cukup signifikan dibanding tahap pertama. Yakni 10.814 penerima ditahap pertama, turun menjadi 10.164 penerima. Menyusut sebanyak 650 penerima.

Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, jumlah sasaran penerima rastrada tahap kedua memang menurun. Penyebabnya, ada sasaran penerima yang pindah domisili hingga dobel bantuan lain. “Itu terjadi setelah kami lakukan sinkronisasi data dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial,” jelasnya, kemarin (2/8).

Adanya penerima rastrada dobel bantuan itu terungkap saat penyaluran tahap pertama. Dari hasil penelusuran, diketahui nama penerima rastrada juga masuk DTKS milik Kemensos. “Mereka juga tercatat sebagai penerima bansos dari Kemensos. Akhirnya diputuskan untuk mengurangi penerima rastrada, namun mereka tetap bisa menerima bansos dari Kemensos,” katanya.

Santoso berharap, bantuan rastrada itu dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai beras tersebut dijual. “Bantuan beras ini untuk meringankan beban masyarakat terutama warga miskin. Rastrada ini untuk dinikmati sendiri, jangan dijual,” pintanya.

Penyaluran rastrada tahap kedua berlangsung selama tiga hari. Yakni mulai kemarin, hingga Jumat (5/8). Jumlah sasaran penerima mencapai 10.164 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Blitar Rurin Hatmawati mengatakan, jumlah sasaran penerima rastrada tahap kedua menurun sebanyak 650 penerima. Rata-rata adalah penerima dobel bansos lain. “Sisanya ada yang pindah domisili dan meninggal dunia,” jelasnya.

Dinsos menjamin, penyaluran tahap kedua rastrada sudah tidak ada penerima dobel bantuan. Dinsos memastikan data rastrada tahap kedua sudah akurat. Data tersebut sudah melalui verifikasi secara menyeluruh. “Setelah temuan di tahap pertama itu, kami langsung verifikasi menyeluruh agar bantuan rastrada tepat sasaran,” tandasnya. (sub/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.