Semakin Dekat dengan Pembaca

Siapa Kepala BPKAD Kota Blitar yang Baru, Ini Jawabannya

KOTA BLITAR – Radar Blitar– Kepemimpinan Widodo Sapto Johanes sebagai Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar tidak goyah. Dia tetap mengemban tugas tersebut setelah pemkot memperpanjang masa jabatannya.

Sesuai aturan perundang-undangan, masa jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dibatasi maksimal lima tahun. Apabila sudah terpenuhi, wajib untuk perpanjangan ataupun pergeseran. Nah, kemarin (3/8), pemkot memutuskan memperpanjang.

Wali Kota Blitar Santoso menyatakan, jabatan kepala BPKAD yang diduduki Widodo Saptono Johannes sudah mencapai lima tahun. Jika sudah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) selama lima tahun, maka harus dikukuhkan kembali. Namun, syaratnya harus sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). “Sejak 22 Juli 2022, hasil evaluasi jabatan JPT kami kirim ke KASN dan turun rekomendasi,” ujarnya kemarin.

Aturan tersebut, lanjut Santoso, mengacu pada PermenPAN RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Pemerintah. Pemkot memutuskan untuk tetap mempertahankan Widodo Sapto Johannes karena dinilai berkinerja baik. ”Sembari berjalan, kami terus evaluasi kinerjanya. Sepanjang masih diperlukan dan belum ada pengganti yang professional, itu boleh dikukuhkan lagi,” kata pria berkacamata itu.

Orang nomor satu di lingkup Pemkot Blitar itu berpesan kepada kepala BPKAD agar terus meningkatkan kinerjanya. Menurut dia, tugas sebagai pimpinan BPKAD cukup berat, karena harus mengatur keuangan daerah. “Apalagi juga dituntut meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah, Red), khususnya dari sektor pajak. Dulu ada dispenda (dinas pendapatan daerah, Red) sendiri. Kini digabung sehingga bebannya jauh lebih berat,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar Kusno menambahkan, masa JPT hanya dibatasi lima tahun. Apabila sudah tercapai, wajib dilantik kembali. “Setelah melalui penilaian dari pansel dan rekomendasi dari KASN, akhirnya dilakukan pelantikan terhadap Pak Widodo,” katanya.

Pelantikan kembali Widodo Saptono Johannes sebagai kepala BPKAD karena beberapa pertimbangan. Di antaranya, yang bersangkutan berkinerja baik dan profesional. Selain itu, dinilai masih mampu dan layak untuk memimpin BPKAD.

Terpisah, Kepala BPKAD Kota Blitar Widodo Saptono Johannes berterima kasih kepada Wali Kota Blitar Santoso. Terlebih telah dipercaya menjabat sebagai kepala BPKAD. Baginya, itu adalah amanah yang harus dijalankan dengan baik. “Saya juga berharap dukungan dari seluruh OPD dalam menjalankan tugas, terutama mewujudkan visi misi beliau (Wali Kota Blitar Santoso, Red),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemkot sedang membuka pendaftaran seleksi JPT. Ada tiga kursi jabatan eselon II yang lowong. Yakni, Kepala BPBD Kota Bitar, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan; dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. (sub/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.