Semakin Dekat dengan Pembaca

Status PPKM Dicabut, Investasi di Kota Blitar Diprediksi Naik

KOTA BLITAR – Laju investasi tahun ini bakal menunjukkan tren peningkatan. Pasalnya, kondisi perekonomian berangsur-angsur membaik. Terlebih setelah pencabutan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Blitar Heru Eko Pramono memprediksi, capaian investasi di Kota Blitar pada 2023 bakal meningkat signifikan. Di samping faktor perekonomian pascapandemi Covid-19, juga pertumbuhan sektor perdagangan maupun UMKM yang makin pesat di Kota Blitar. ”Di 2022 lalu saja, capaian investasinya naik signifikan dari target. Semoga 2023 ini bisa lebih signifikan dari tahun lalu,” ungkapnya kepada Koran ini, kemarin (12/1).

Heru mengaku tak menyangka capaian investasi melonjak siginifikan pada 2022 lalu. Tahun lalu, dinas memasang target investasi Rp 167,2 miliar dan terealisasi Rp 323,4 miliar. “Target yang kami pasang ini memang berdasarkan renstra (rencana strategis) yang sudah disusun. Waktu itu kami tidak tahu jika ada pandemi Covid-19,” terangnya.

Meningkatnya capaian investasi tersebut, kata dia, tidak lepas dari upaya dinas dalam mendata keberadaan pelaku usaha di Kota Blitar. Terutama sejumlah pelaku usaha yang baru beroperasi. ”Mereka ini terkadang kurang tertib dalam melaporkan LKPM (laporan kegiatan penanaman modal). Maka itu, kami turun langsung ke lapangan untuk mendata secara bertahap,” ujarnya.

Dinas menyadari tak sedikit pelaku usaha yang kurang tertib melaporkan LPKM. Kondisi tersebut tentu memengaruhui data investasi di Kota Blitar. Terlebih makin berkembangnya pelaku UMKM di kota yang berpotensi pada capaian investasi.

Sektor UMKM yang berkembang pesat yaitu kafe dan restoran. Beberapa tahun terakhir ini, dua usaha tersebut kian menjamur. Hampir di tiga kecamatan di kota terdapat kafe maupun restoran, baik skala besar maupun kecil.

Keberadaan kafe dan restoran tersebut tentu sangat mendukung Kota Blitar sebagai kota pariwisata. Salah satu destinasi terkenal adalah Makam Bung Karno (MBK). Wisata religi itu telah menjadi ikon wisata Kota Blitar dan jujukan wisatawan dari berbagai daerah. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.