Semakin Dekat dengan Pembaca

Suka Duka Heri Sumarno Putra jadi Guru dan Pengusaha Jasa Fotografi, Pernah Kehilangan Kamera dan Rugi Belasan Juta

TULUNGAGUNG – Heri Sumarno Putro, selain mengajar di SMK NU Tulungagung juga menekuni usaha fotografi sejak tujuh tahun silam.

Heri, sapaan akrabnya, menekuni hobi fotografi saat masih duduk di bangku SMA. Setiap kegiatan di sekolah, pria berkacamata ini sering mendapat kesempatan sebagai dokumentasi.

Bermula dari situ, dia tertarik dengan  fotografi dan serius menekuni. Setelah lulus SMA, guru mata pelajaran kewirausahaan ini melanjutkan kuliah di Surabaya dan bergabung dengan komunitas fotografer di sana.

Dari komunitas itu banyak belajar teknik fotografi yang benar. “Awalnya sih hanya sekadar hobi, tapi ternyata dari hobi tersebut saya bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah tiap bulan,” ucapnya.

Memulai usaha dari tahun 2015, usahanya di bidang fotografi tidak langsung berjalan mulus. Pada awal usahanya, dia pernah kehilangan kamera DSLR yang mengakibatkan rugi belasan juta rupiah. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat pria kelahiran tulungagung 33 tahun silam ini untuk terus mewujudkan impiannya.

Saat ini usaha yang ditekuninya mampu membuka lapangan pekerjaan bagi tiga karyawannya yang juga merupakan alumni dari sekolah tempat dia mengajar. “Usaha itu tidak bisa langsung instan, butuh proses dan perjuangan, tetap semangat dan jangan menyerah serta jangan lupa diiringi dengan berdoa,” katanya.(ae1/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.