Semakin Dekat dengan Pembaca

Susi Rahayu Handycraft Ciptakan Peralatan Dapur Berbahan Dasar Kayu yang Food Grade, Pengiriman Tembus sampai Luar Negeri

KOTA BLITAR – Peralatan dapur berbahan kayu kian diminati masyarakat. Harganya tidak jauh beda dengan peralatan berbahan dasar metal. Meski dalam prosesnya ada beberapa perlakuan khusus untuk barang tertentu.

“Jadi finishing-nya berebeda. Misalnya, sendok, mangkuk, dan piring, kami pakai bahan yang khusus untuk food grade,” ujar salah satu perajin peralatan dapur, Susilowati.

Warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, ini mengatakan bahwa peralatan berbahan kayu kini banyak menghiasi dapur masyarakat. Perannya juga tidak kalah penting dengan komponen lain yang berbahan metal. “Tren permintaan pasar juga lumayan bagus, meski di awal tahun ini masih belum begitu signifikan,” kata Susi, sapaan akrab Susilowati .

Dia mengungkapkan ada penurunan permintaan jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu. Hingga minggu kedua ini, kata Susi, penjualan masih berkisar Rp 40 juta. Jika sampai akhir bulan tidak sampai Rp 100 juta nilai produk yang beredar di pasar, berarti daya beli masyarakat mulai berkurang. “Omzet Rp 100 juta itu kecil sekali. Normalnya lebih dari Rp 200 juta lebih per bulan,” tuturnya.

 

(SUSI RAHAYU FOR RADAR BLITAR)

 

Barang yang diproduksi Susi ini tidak hanya dijual di pasar lokal Blitar. Sebaliknya, sebagian besar dikirim ke luar daerah. Bahkan tak sedikit yang diekspor ke Tiongkok. “Untuk ekspor, kami ada rekanan yang biasanya melakukan penjualan ke luar negeri. Sedangkan untuk distribusi barang ke luar daerah, ada banyak pedagang grosir yang sudah menjadi langganan,” terangnya.

Susi mengatakan bahwa produk berbahan kayu ini tidak mahal. Bahkan, relatif terjangkau untuk ukuran produk yang proses pembuatannya sedikit njlimet. Kendati begitu, ada pula beberapa peralatan dapur yang harganya mencapai ratusan ribu. “Sendok itu hanya Rp 3 ribu, mangkuk sekitar Rp 20 ribu. Sedangkan untuk harga nampan dan barang-barang besar lainnya sedikit lebih mahal,” tandasnya. (hai/c1)

 

(ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)

 

(ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)

 

(ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)

 

(ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)
Leave A Reply

Your email address will not be published.