Semakin Dekat dengan Pembaca

Tahun 2022, Tulungagung Raih Puluhan Prestasi Mentereng

TULUNGAGUNG – Selama tahun 2022, pembangunan di segala sektor telah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. Mengiringi pembangunan yang dilaksanakan, belasan penghargaan mentereng baik di tingkat provinsi hingga nasional dari berbagai aspek telah didapatkan sepanjang tahun ini.

Penghargaan pertama yang diperoleh kabupaten ini dimulai pada Februari tahun 2022. Pemkab berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten penyalur dana desa (DD) tercepat se-Indonesia dan di Jawa Timur (Jatim) tahun 2022.

Pada April, dua penghargaan dibawa pulang ke Kota Marmer. Pertama ialah penghargaan kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sebagai TOP Pembina BUMD di ajang TOP BUMD Award 2022. Penghargaan tersebut diberikan kepada para pelaku badan usaha milik daerah (BUMD) se-Indonesia. Kemudian, disusul dengan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas laporan keuangan Pemkab Tulungagung.

Masuk pada Juni, realisasi pendapatan Kabupaten Tulungagung tahun anggaran 2021 menjadi tertinggi keempat di Indonesia. Atas capaian itu, pemkab menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan kategori realisasi pendapatan daerah tertinggi keempat di Indonesia.

Pada Juli, Kabupaten Tulungagung mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya keempat kalinya sejak tahun 2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga.

Kemudian di Agustus, Tulungagung berhasil membawa pulang dua penghargaan. Pertama adalah Penghargaan Lencana Melati kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Penghargaan tersebut karena orang nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung itu telah berjasa bagi perkembangan Gerakan Pramuka di Jatim. Masih di bulan sama, Kabupaten Tulungagung meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik ke-3 se-Provinsi Jatim pada Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting.

Memasuki November, bisa dibilang Tulungagung memborong penghargaan. Bagaimana tidak, empat prestasi sekaligus didapatkan. Pertama adalah Penghargaan opini WTP tiga kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021. Kemudian, tiga penghargaan bidang kesehatan di tingkat provinsi juga diterima. Di antaranya, penghargaan Kabupaten Tulungagung sebagai daerah dengan predikat ODF (Open Defacation Free), penghargaan Kabupaten Tulungagung dengan pencapaian imuniasasi tambahan MR BIAN minimal 95 persen pada perpanjangan I se-Jatim, serta penghargaan Kabupaten Tulungagung yang lolos verifikasi penilaian Kabupaten Sehat Provinsi jatim.

Paling anyar, Tulungagung berhasil mendapatkan penghargaaan bidang kesehatan lingkungan. Yakni, penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam dua kategori. Pertama, STBM sebagai kabupaten terbaik percepatan ODF kategori supply creation. Selanjutnya, STBM kepada Kabupaten Tulungagung yang telah berupaya memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam penyediaan layanan sanitasi berbasis masyarakat tahun 2022.

“Pada berbagai sektor juga sudah baik. Indikasinya, beberapa penghargaan yang diperoleh seperti di bidang kesehatan, pengelolaan keuangan, dan lainnya,” tutur Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Dia menjelaskan, selama tahun 2022 ini semua pihak bahu-membahu melaksanakan peran masing-masing untuk membangun Tulungagung. Semua bidang institusi akan berhasil apabila pelayanan kepada masyarakat bisa prima. Semua penghargaan yang diperoleh merupakan sebuah bonus, selain itu juga bisa memacu kinerja untuk lebih baik lagi pada tahun selanjutnya. (mg1/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.